Vaksin Rekombinan Covid-19 Anhui Memasuki Proses Uji Klinis Fase III


Rabu, 03 Maret 2021 - 22:57:48 WIB
Vaksin Rekombinan Covid-19 Anhui Memasuki Proses Uji Klinis Fase III Peneliti utama uji klinis fase III vaksin Rekombinan Covid-19 FK Unpad dr. Rodman Tarigan.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Vaksin Rekombinan Covid-19 Anhui memasuki proses uji klinis fase III yang dilakukan tim peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Uji klinis ini akan mengikutsertakan 2.000 relawan di Kota Bandung yang berlokasi di 6 rumah sakit.

Uji klinis ini sudah mendapatkan izin dari Komite Etik RSHS, izin uji klinis dari BPOM, serta sudah terdaftar di Badan Penelitian dan Pengembangangan Kesehatan Kemenkes.

Baca Juga : Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H

“Kita harapkan agar semua uji klinis ini berjalan lancar,” kata peneliti utama uji klinis fase III vaksin Rekombinan Covid-19 FK Unpad dr. Rodman Tarigan, pada peluncuran uji klinis fase III vaksin Tekombinan Covid-19 di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Bandung, Rabu (3/3/2021).

Hasil uji klinis fase I dan II dari vaksin Rekombinan Anhui in dinyatakan aman dan memberikan kekebalan yang sangat bagus.

Baca Juga : Antisipasi Gelombang ke-3 Covid-19, BLT dan Bansos Harus Disiapkan

Untuk itu, pada uji klinis fase III kali ini tim akan menentukan tingkat kemanjuran vaksinnya atau tingkat efikasi dari aksin rekombinan tersebut. Diharapkan efikasinya di atas ambang batas WHO, di atas 50%.

Guru Besar FK Unpad Prof Kusnandi Rusmil menjelaskan, vaksin rekombinan adalah vaksin yang diambil dari bagian kecil virus yang masih hidup memiliki kesamaan dengan vaksin yang diambil dari virus inaktif.

Baca Juga : Hari Ini Buruh Bakal Demo Besar-besaran di Depan MK, Polda Metro Jaya: Rekayasa Lalin Situasional

Kusnandi mencontohkan salah satu vaksin rekombinan yang umum digunakan di Indonesia adalah vaksin Hepatitis B. (*)

Reporter : Syafril Amir | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]