Waduh! BIN Sebut Proses Mutasi Covid B117 Sudah Ada di Sekitar Kita


Kamis, 04 Maret 2021 - 08:05:33 WIB
Waduh! BIN Sebut Proses Mutasi Covid B117 Sudah Ada di Sekitar Kita Deputi VII BIN, Wawan Purwanto

HARIANHALUAN.COM - Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan akan ikut melakukan pengembangam riset untuk mengadapi mutasi virus corona jenis B117. BIN mengatakan, dengan temuan kasus mutasi virus corona B117 itu maka pengembangan riset untuk mencari model penanganan perlu dilakukan.

"Berdasarkan penemuan ini ke depan perlu pengembangan riset untuk mencari model penanganan lebih baik karena proses mutasi B117 sudah ada di sekitar kita," ujar Deputi VII BIN, Wawan Purwanto, lewat pesan singkat yang dikutip dari Republika, Kamis (4/3).

Baca Juga : Polemik Vaksin Nusantara, Wakil Ketua DPD RI: Selesaikan Secara Keilmuan

Pemerintah Indonesia, kata dia, terus mencermati dinamika varian baru mutasi virus corona yang terjadi di berbagai belahan dunia. Termasuk varian baru mutasi virus corona di Inggris, yakni B117.

Menurut dia, dua kasus mutasi B117 di Indonesia ditemukan berdasarkan hasil riset tentang mutasi virus dari 462 spesimen di Indonesia beberapa bulan terakhir menggunakan metode whole genome sequence (WGS). "BIN juga terus melakukan berbagai langkah-langkah strategis sesuai kewenangan seiring munculnya kasus mutasi virus Corona B117 yang terjadi di beberapa negara tetangga," kata dia.

Baca Juga : Tolak Tanggapi Hasil Survei NSN, Risma: Belum Tentu Juga Saya Masih Hidup

Wawan mengatakan, BIN dan berbagai stakeholder lainnya terus berkoordinasi dan meningkatkan kerja sama. Peningkatan kerja sama dan koordinasi itu dilakukan termasuk dalam pengembangan berbagai riset untuk menghadapi mutasi virus ini.

Dia kemudian mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan disiplin protokol kesehatan 5M guna mengantisipasi virus ini. Selain itu, dia juga menyampaikam beberapa upaya lainnya.

Baca Juga : Yang Lain Menolak, Dedi Mulyadi Malah Mendukung: Saya Siap Disuntik Vaksin Nusantara

Upaya itu, antara lain meningkatkan upaya penelitian untuk memutus rantai penularan Covid-19, termasuk dengan mendorong lahirnya obat maupun vaksin karya anak bangsa. Kemudian memperketat penerapan PPKM Mikro.

"Mengimbau seluruh elemen dan komponen bangsa bergotong royong berpartisipasi mengatasi pandemi Covid-19 dan optimis menang lawan corona. Mengimbau masyarakat mengikuti program vaksinasi," kata dia. (*)

Baca Juga : Siap Siaga! 9 Provinsi Ini Diprediksi Bakal Diterjang Topan Surigae

 

Editor : Heldi Satria | Sumber : Republika
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]