Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini, Kuotanya Masih 600.000 Orang


Kamis, 04 Maret 2021 - 10:42:30 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Hari Ini, Kuotanya Masih 600.000 Orang Ilustrasi

HARIAHALUAN.COM - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja kembali membuka pendaftaran peserta untuk Program Kartu Prakerja gelombang ke-13, Kamis (4/3) siang. Adapun kuota pendaftaran untuk gelombang kali ini masih sama dengan sebelumnya yakni sebanyak 600.000 orang.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, menyarankan agar masyarakat tidak tergesa-gesa untuk mendaftarkan jadi peserta Kartu Prakerja pada hari ini. Sebab, gelombang ke-13 masih akan dibuka beberapa hari ke depan.

Baca Juga : Komisi VII DPR Mulyanto: Harga Listrik di Indonesia Sudah Mahal dan Tak Perlu Dinaikkan Lagi

"Pembukaan gelombang ini akan dilakukan beberapa hari, jadi masyarakat tidak perlu melakukannya secara tergesa-gesa hari ini semua. Proses seleksi Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem setelah penutupan gelombang. Jadi tidak berdasarkan siapa cepat dia dapat," jelas dia dikutip dari merdeka.com, Kamis (4/3).

Dia menambahkan, ada beberapa hal yang baru bagi para penerima Kartu Prakerja di tahun 2021. Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi, dana bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta akan muncul di dashboard. Tetapi sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, mereka wajib menonton 3 video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit.

Baca Juga : Ungkap Alasan Disuntik Vaksin Nusantara, Aburizal Bakrie: Saya Utang Nyawa ke Terawan

"Video induksi ini akan membantu mereka memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening," jelasnya.

Syarat Pendaftar

Baca Juga : Tak Hanya TMII, Sejumlah Aset Negara Ini juga Bakal Disita dari Anak Soeharto

Persyaratan untuk menerima kartu prakerja masih sama, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Program ini ditujukan kepada pencari kerja, penganggur, pekerja dan wirausaha.

Pemerintah juga mengajak para pekerja yang dirumahkan atau kehilangan pekerjaan, dan para Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang terdampak pandemi covid-19.

Baca Juga : Soal Pengamanan 'Wali Kota Serasa Presiden', Menantu Jokowi akan Perbaiki Hubungan dengan Jurnalis

Sementara insentif yang diterima oleh peserta kartu prakerja juga masih sama terdiri dari Rp1 juta bantuan pelatihan, insentif pasca pelatihan Rp600.000 per bulan selama empat bulan dengan total Rp2,4 juta, serta insentif pasca survei masing-masing Rp50.000 senilai Rp150.000. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : merdeka.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]