Baznas Salurkan Zakat, 367 Warga Lubuksikaping Terima Zakat Rp346,100 Juta


Kamis, 04 Maret 2021 - 11:01:52 WIB
Baznas Salurkan Zakat, 367 Warga Lubuksikaping Terima Zakat Rp346,100 Juta Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS didampingi Ketua Baznas Habibullah menyerahkan bantuan zakat kepada para mustahik di Masjid Pauh Durian Tinggi.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, kembali mendistribusikan zakat kepada para mustahik. Kali ini, pendistribusian zakat dilakukan di Kecamatan Lubuksikaping. Totalnya mencapai Rp346,100 juta. 

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Distribusi zakat dipusatkan di Masjid Raya Pauah, Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuksikaping, Kamis (4/3/2021). Pendistribusian zakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. 

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Turut hadir Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, S.Ag, M.Si, Ketua Baznas Habibullah, S.Ag,MH, beserta pengurus dan jajarannya, Camat Lubuksikaping, Nina Darmayanti, Walinagari serta para mustahik. 

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, Habibullah mengatakan, sebanyak 367 warga setempat terdaftar sebagai penerima zakat pada periode ini. Para penerima zakat meliputi KK Miskin, pelaku usaha, pelajar dan jompo. 

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

"Total dana zakat yang disalurkan berjumlah Rp346,100 juta, terdiri atas beasiswa Rp13,5 juta untuk 25 orang,  keluarga kurang mampu (KKM) Rp7,2 juta untuk 18 orang dan jompo Rp4,8 juta untuk 16 orang dan bantuan modal usaha Rp320,600 juta untuk 308 orang," katanya.

Ia menambahkan, pada tahun 2021, pihaknya menurunkan target pengumpulan zakat yakni sebanyak Rp6,3 miliar. Dari target itu sudah terkumpul sebanyak Rp1,3 miliar hingga periode Maret. 

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

"Pada 2020 target pengumpulan zakat kita sebanyak Rp6,5 miliar. Tapi karena berbagai kendala target itu tidak dapat tercapai dan hanya tercapai sebanyak Rp5 miliar," ucapnya.

Dikatakan, bahwa Baznas Pasaman memiliki banyak program, diantaranya program Pasaman Cerdas berupa pemberian beasiswa untuk pelajar sejak Paud, TK, SD sampai ke Perguruan Tinggi (PT).

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

"Per Januari 2021, Baznas mengalokasikan beasiswa kepada perguruan tinggi (PT), tapi dengan seleksi ketat dan tidak sembarangan orang," imbuhnya. 

Berikutnya, program Pasaman Peduli. Program ini untuk warga terdampak bencana, seperti kebakaran, banjir dan longsor. Selain itu, program Pasaman Sejahtera, ini untuk membantu warga yang ingin berusaha atau bantuan permodalan. 

"Diperiode kita, yang diberikan bantuan modal usaha adalah orang tidak mampu, bukan lagi perusahaan besar apalagi badan usaha," tukas Ketua MUI Pasaman ini. 

Selanjutnya, program Pasaman Sehat. Program ini diberikan kepada masyarakat yang sakit. Baik tengah dirawat di RS daerah itu maupun tempat atau daerah lain. 

"Juga ada, Pasaman Imtaq. Ini program untuk membantu saudara kita yang muallaf dan Ibnu Sabil (musafir). 

Habibullah menegaskan, bahwa pendistribusian zakat kepada mustahik harus menganut prinsip taat aturan dan taat syariat. Sehingga para penerima manfaat tepat sasaran. 
(*)

 

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]