Setahun Pandemi, Ini 10 Provinsi di Jawa-Bali Konsisten Jadi Penyumbang Angka Covid-19 Terbanyak


Kamis, 04 Maret 2021 - 17:46:33 WIB
Setahun Pandemi, Ini 10 Provinsi di Jawa-Bali Konsisten Jadi Penyumbang Angka Covid-19 Terbanyak Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Provinsi di Pulau Jawa dan Bali konsisten memberikan kontribusi tinggi penyumbang angka kasus Covid-19 selama setahun pandemi Covid-19 di Indonesia.  

“Jika dilihat dari perkembangan 11 bulan, provinsi di pulau Jawa dan Bali secara konsisten memberikan kontribusi yang tinggi dalam jumlah kasus Covid-19 di Indonesia,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam update Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia secara virtual, Kamis (4/3/2021), dilansir dari Okezone.

Baca Juga : Protes PP No 57 Tahun 2021, Alirman Sori: Pancasila Seharusnya Masuk Kurikulum Wajib!

Wiku mengatakan, hal ini dibuktikan dengan hampir seluruh provinsi di Pulau Jawa dan Bali selalu berada di 10 besar.

“Dan hampir di setiap bulan kecuali bulan Oktober 2020, di mana hanya 4 provinsi dari pulau Jawa dan Bali yang masuk kedalam 10 besar,” katanya.

Baca Juga : Tak Cantumkan Pancasila dan Bahasa Indonesia Makul Wajib PT, Jokowi Didesak Batalkan PP 57/2021

Jika dilihat lebih dekat lagi, kata Wiku, maka DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur hampir selalu menduduki posisi empat besar jumlah kasus tertinggi yaitu pada bulan April, September sampai dengan Desember 2020, Januari dan Februari 2021.

“Kasus yang ada pada 10 provinsi dengan kasus tertinggi ini menyumbangkan lebih dari 90% kasus pada awal pandemi. Kemudian menunjukkan tren penurunan hingga pada bulan Februari menjadi 80 persen,” ungkap Wiku.

Baca Juga : Peringatan HUT ke-69 Kopassus Digelar Secara Sederhana

Wiku mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu dengan karakteristik Indonesia yang merupakan negara kepulauan, dengan karakteristik wilayah yang bervariasi kasus Covid-19 mulai menyebar ke lebih banyak provinsi di Indonesia.

Sehingga, ungkap Wiku saat ini kontribusi 10 provinsi tertinggi ini tidak tinggi pada awal pandemi dengan adanya data ini.

Baca Juga : PN Surabaya Tolak Gugatan Rhoma Irama Terkait Royalti Lagu Rp1 Miliar, Ini Alasannya

“Maka dapat disimpulkan bahwa sejak awal pandemi hingga sekarang penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia konsisten berasal dari Pulau Jawa khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” katanya.

“Hal ini terjadi mengingat provinsi-provinsi tersebut merupakan provinsi dengan kota-kota besar populasi lebih banyak dibanding provinsi lainnya. Sehingga potensi penularan menjadi lebih tinggi di tengah masyarakat,” pungkasnya. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]