Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak


Jumat, 05 Maret 2021 - 02:46:00 WIB
Anggota DPR Junaidi Auly: Usut Tuntas Kasus Suap Pajak Anggota Komisi XI DPR Junaidi Auly

HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang menyelidiki dugaan kasus suap yang melibatkan pejabat di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Menyikapi hal itu, Anggota Komisi XI DPR Junaidi Auly mengatakan dengan tegas agar KPK segera mengusut secara tuntas kasus dugaan suap di lingkungan DJP Kemenkeu.

Baca Juga : Komisi VII DPR Mulyanto: Harga Listrik di Indonesia Sudah Mahal dan Tak Perlu Dinaikkan Lagi

"Dugaan kasus ini harus diusut secara tuntas, sangat disayangkan ada suap pajak disaat realisasi penerimaan negara sedang anjlok," ujar Junaidi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/3/2021).

Berdasarkan data yang dilansir dari Kementerian Keuangan mencatat realisasi penerimaan perpajakan 2020 mencapai Rp 1.070,0 triliun atau 89,3 persen dari target APBN, angka tersebut kontraksi 19,7 persen dibandingkan realisasi tahun 2019 sebesar Rp 1.332,7 triliun.

Baca Juga : Ungkap Alasan Disuntik Vaksin Nusantara, Aburizal Bakrie: Saya Utang Nyawa ke Terawan

"Bagaimana mungkin meningkatkan penerimaan pajak secara masif ketika masih ada ruang terhadap penyuapan pajak, dugaan kasus ini tentunya dapat berdampak pada tingkat kepercayaan wajib pajak terhadap DJP”ungkap Junaidi.

Politisi dari Dapil Lampung II ini menuturkan kasus di lingkungan DJP tentu menjadi peringatan keras. Hal itu harus ada evaluasi menyeluruh sehingga kejadian tersebut tidak berulang dikemudian hari.(*)

Baca Juga : Tak Hanya TMII, Sejumlah Aset Negara Ini juga Bakal Disita dari Anak Soeharto

Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Rilis Media
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]