Prihatin dengan Kondisi Ruas Jalan Provinsi Sumbar di Abai, Warga Lakukan Goro


Jumat, 05 Maret 2021 - 18:09:48 WIB
Prihatin dengan Kondisi Ruas Jalan Provinsi Sumbar di Abai, Warga Lakukan Goro Goro swadaya pemerintah nagari Abai bersama warga menimbun ruas jalan provinsi yang berlubang.

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Ruas jalan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) Solok Selatan (Solsel) banyak berlubang, diperkirakan kerusakan badan jalan sekitar 5 kilometer (km). Kerusakan badan jalan terparah dimulai dari Bukit Bateh Nagari Ranah Pantai Cermin sampai ke Abai.

Hal itu disampaikan, Pj Wali Nagari Abai Beni Suhendra melalui Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Pemerintahan Nagari Abai, Yuzi Irda  pada Harianhaluan.com, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

"Kami prihatin, sebab sering kendaraan yang melintasi ruas jalan provinsi itu masuk parit karena lubang badan jalan tersebar sepanjang 5 kilometer," kata Yuzi.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Untuk mengantisipasi kerusakan badan jalan provinsi itu, kata Yuzi, pemerintahan nagari Abai bersama warga melakukan gotong-royong secara swadaya, menimbun lubang menggunakan koral dan pasir.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

"Goro sudah dilakukan selama lima hari semenjak Senin (1/3/2021) sampai hari ini, namun panjang badan jalan yang bisa ditimbun sekitar 3 kilometer," tuturnya.

Dia berharap adanya percepatan penanganan ruas jalan yang mengalami kerusakan itu.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

"Semoga saja pihak-pihak terkait segera memperbaiki ruas jalan provinsi Sumbar ini," harapannya.

Simak Terus Berita SumbarTerkini di Harianhaluan.com

Yuzi menyatakan bahwa secara umum ruas jalan provinsi yang mengalami rusak dimulai dari Simpang Lubuk Malako Sangir Jujuan - ruas jalan di nagari Abai.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

"Aspal banyak terkelupas dan berlubang. Apalagi, ruas jalan itu merupakan akses penghubung satu-satunya ke pusat ibukota Solsel di Padang Aro. Akses penghubung dan akses pengangkut komoditi perkebunan dan pertanian," bebernya.

Selain akses penghubung masyarakat, imbuhnya juga ada objek wisata budaya di Abai yaitu rumah gadang panjang.

"Ikon Solsel yang menjadi tempat wisata budaya di Abai. Jika akses jalan rusak tentunya orang malas berkunjung," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]