Penyaluran BST Mentawai akan Dimulai Pertengahan Maret 2021


Jumat, 05 Maret 2021 - 19:31:12 WIB
Penyaluran BST Mentawai akan Dimulai Pertengahan Maret 2021 Masyarakat mendatangi kantor Pos untuk pengambilan BST.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - PT POS Indonesia Cabang Padang menyatakan, berdasarkan dari informasi sementara yang didapatkan, penyaluran BST bagi Kabupaten Kepulauan Mentawai berkemungkinan baru dilaksanakan pada pertengahan Maret 2021.

Pasalnya kata Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Padang Sartono, hingga saat ini masih menunggu kepastian dari Kementerian Sosial (Kemensos) terhadap jadwal penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Baca Juga : Komunitas Bonsai Terbentuk, Solsel Miliki Tanaman Endemik Khas

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Belum ada kami mendapatkan kabar resmi perihal jadwal penyaluran BST Kemensos bagi Kabupaten Kepulauan Mentawai," kata Sartono, kemarin.

Menurut Sartono, pembagian BST untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai memang jauh terlambat dibandingkan Kota Padang dan beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat. Hal itu disebabkan karena Kabupaten Kepulauan Mentawai masuk dalam kategori daerah 3T yakni terluar, terdepan, dan tertinggal sehingga ada aturan khusus untuk penyaluran BST.

Baca Juga : Cuaca Besok di Sumbar Cerah hingga Berawan, Namun Ada Potensi Hujan Ringan

"Iya terlambat karena Mentawai ini agak sulit diakses," sebutnya.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Penyaluran BST Kapubaten Kepulauan Mentawai, kata Sartono, akan dilakukan sekaligus yakni total sebesar Rp1,2 juta. Jumlah itu untuk pembayaran BST selama empat bulan, karena setiap bulan mendapatkan Rp300 ribu. Ada 5776 keluarga penerima manfaat yang akan mendapatkan BST.

Baca Juga : Covid-19 Belum Reda, Gubernur Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes saat Beribadah Ramadan

"Untuk efisiensi berkemungkinan pembayarannya langsung sekaligus," ujarnya.

Sartono menambahkan, BST bagi Kepulauan Kabupaten Mentawai akan diantar langsung petugas POS. Tidak melalui perwakilan dari kepala desa seperti sebelumnya.

Baca Juga : Balimau Paga, Cara Masyarakat Pessel Sambut Ramadan

"Diharapkan keluarga penerima manfaat di Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat bersabar menunggu penyaluran BST," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Penyaluran Bantuan Sosial Tunai sudah dikucurkan sejak Sabtu (9/1/2021). Hingga Senin (11/1/2021) kemaren sudah terealisasi sebanyak 2.535 bantuan kepada Kepala Penerima Manfaat atau sebesar 22,12% di Kota Padang.

Sartono mengatakan, pihaknya telah merealisasikan sebanyak 2.535 KPM hingga Senin (11/1/2021) atau sebesar 22,12%.

"Alhamdulillah sudah hampir seperempatnya dari alokasi kami. Kita berharap target yang diberikan Kemensos untuk pembayaran selama seminggu dengan realisasi sebesar 99% bisa terimplemntasi dengan baik," kata Sartono.

Sartono menyebutkan, penyaluran BST akan dilakukan selama tiga bulan dari Januari hingga April 2021 dengan besat bantuan Rp300.000 per bulan. Khusus Kabupaten Kepulauan Mentawai disalurkan untuk 3 (tiga) bulan sekaligus pada bulan Maret.

Tiga hari tersebut kantor Pos Padang di Jalan Bagindo Azis Can Nomor 7 telah menyalurkan untuk Kecamatan Padang Barat, Padang Timur dan Padang Selatan. Sedangkan kantor Pos di Jalan Khatib Sulaiman telah menyalurkan untuk Kecamatan Koto Tangah dan Nanggalo. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]