Endang Tirtana Dukung Kampanye Jokowi Cintai Produk dalam Negeri


Jumat, 05 Maret 2021 - 20:23:07 WIB
Endang Tirtana Dukung Kampanye Jokowi Cintai Produk dalam Negeri Endang Tirtana saat bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Peneliti Maarif Institute Jakarta, Endang Tirtana menilai, pernyataan Presiden Joko Widodo terhadap produk luar negeri merupakan bentuk kecintaannya pada hasil karya anak bangsa. Seharusnya, kata Endang, hal ini menjadi cambuk bersama untuk mengakselerasi produksi UMKM di dalam negeri sendiri. Kemarahan terhadap produk luar negeri menunjukkan betapa cintanya Presiden ke-7 itu terhadap kepentingan masyarakat Indonesia.

"Jangan mempermasalahkan poin yang tidak substantif. Pak Jokowi itu sangat ingin produk dalam negeri berkembang. Di saat kita ingin pertumbuhan ekonomi kita naik, tapi upaya untuk mencapainya diabaikan. Ini tidak sejalan dan seiringan," katanya di Jakarta, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga : Pesan Penting Kapolri, Tidak Ada Ampun Bagi Polisi yang Terlibat Narkoba!

Untuk itu, kata Endang, seluruh pihak, baik pemerintah daerah, pusat hingga pengusaha disarankan untuk saling bahu membahu dalam geliat pertumbuhan produk dalam negeri atau usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).

Dia mengungkapkan, perlu daya dan upaya untuk menjadikan produk dalam negeri menjadi etalase terdepan di pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas produk dan harga yang kompetitif.

Baca Juga : Kemajuan Industri 4.0 Dorong Indonesia Menuju Sepuluh Besar Kekuatan Ekonomi Global

"Akan sulit mengajak masyarakat untuk memiliki loyalitas terhadap produk dalam negeri jika tidak ada kualitas dan harga kompetitif. Ini naluri setiap orang, teori dasar ekonomi," ujarnya.

Endang mengatakan, alasan itulah yang menyebabkan Jokowi memerintahkan Kementerian Perdagangan untuk memiliki kebijakan strategis dalam mengembangkan pasar produk nasional. Salah satunya dengan menempatkan brand lokal dalam posisi strategis di pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Airlangga Hartarto: Praktik Korupsi Hambat Laju Pertumbuhan Ekonomi 

"Jokowi itu hanya ingin seluruh warganya sejahtera, selain membuka investasi untuk lapangan pekerjaan, UMKM juga menjadi salah satu upaya untuk mencapainya," tutupnya.

Sebelumnya, kata Endang, Jokowi meminta agar jangan hanya brand luar negeri terdapat pada etalase paling depan diseluruh pusat perbelanjaan. Sehingga dia memerintahkan agar brand dari luar negeri untuk digeser pada tempat yang tidak strategis.

Baca Juga : RUU Kejaksaan, DPR dan Pemerintah Sepakat Penguatan Korps Adhyaksa

"Tempat yang strategis, yang baik berikan pada brand lokal. Branding harus melekat agar dicintai masyarakat Indonesia dibandingkan produk luar negeri," ungkap Endang, mengutip pernyataan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat.

Jokowi, kata Endang, meminta 270 juta masyarakat Indonesia dan seluruh konsumen seharusnya loyal dengan produk lokal. Sebab itu, dia juga memerintahkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk bisa menggaungkan cinta produk Indonesia dan membenci produk luar negeri.

"Ajakan produk Indonesia harus digaungkan, produk dalam negeri gaungkan, gaungkan benci produk-produk dari luar negeri,bukan hanya cinta tapi benci produk luar negeri. Sehingga betul-betul masyarakat jadi konsumen yang loyal produk Indonesia," tegasnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]