PCNU Pasaman Periode 2020-2025 Dilantik, Sederet Tugas Berat Menanti


Sabtu, 06 Maret 2021 - 13:29:30 WIB
PCNU Pasaman Periode 2020-2025 Dilantik, Sederet Tugas Berat Menanti Ketua PWNU Sumbar, Prof Ganefri melantik Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pasaman masa khidmat 2020-2025.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM -- Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasaman masa khidmat 2020-2025, berjalan sukses dan lancar. Acara pelantikan dipusatkan di lantai 3 kantor bupati, Sabtu (6/3/2021).

Asrial Arfandi Hasan dan Khoirun Saleh dilantik sebagai Ketua dan Sekretaris Tanfidziyah, Ahmad Nawawi sebagai Rais Syuriyah. Pengurus PCNU Pasaman dilantik langsung oleh Ketua PWNU Sumatera Barat, Prof Ganefri. 

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar 17-19 April, Simak Wilayah yang Diperkirakan Hujan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Turut hadir, Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Benny Utama-Sabar AS, jajaran pengurus PWNU Sumbar, PC NU se Pasaman beserta Badan Otonom NU lainnya. 

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Panitia Pelaksana, Ahmad Yani menyampaikan, sebanyak 46 pengurus cabang NU Kabupaten Pasaman dilantik, mulai dari pengurus Mustasyar, Syuriyah hingga Tanfidziyah NU. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

"Para pengurus berasal dari berbagai elemen masyarakat. Pengurus PCNU berlatar belakang anak muda. Semoga PCNU bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten Pasaman," katanya.

Dikatakan, bahwa biaya untuk acara pelantikan yang sederhana itu bersumber dari sumbangan seluruh anggota PCNU Kabupaten Pasaman. Adadapun tema pelantikan adalah, merawat tradisi, jaga NKRI dan kearifan lokal," ujarnya. 

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Ketua Tanfidziyah PCNU Pasaman, Asrial Afandi Hasan menegaskan, NU di Kabupaten Pasaman harus bangkit, pasalnya masih banyak masalah keumatan yang perlu dibenahi dan diselesaikan. Para pengurus NU, kata dia, harus semangat mengurus umat.

"Untuk diketahui, lebih dari 40 persen warga Pasaman merupakan amaliyah NU, namun bukan struktural NU. NU di Pasaman harus diperbaiki, harus bangkit dan lebih baik," katanya. 

Sekarang, kata Asrial, NU Pasaman sudah memiliki Majelis Musyawarah Cabang (MWC) ditiap kecamatan, hingga pengurus tingkat ranting. NU Pasaman, kata dia, juga melaksanakan tradisi ulama salah satunya menggelar lailatul ijtima setiap  bulannya. 

"Harapannya, kehadiran NU di Pasaman bisa membantu dan memberikan sumbangsih bagi jalannya roda pemerintahan di bawah kemimpinan Benny Utama-Sabar AS sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasaman," ujarnya. 

Ketua PWNU Sumatera Barat, Prof Ganefri meminta warga NU di Pasaman harus ikut menyukseskan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Benny-Sabar ke depan. Demikian pula dengan pemerintah daerah, kata dia, harus pula mau memanfaatkan keberadaan warga NU. 

"Sayang, jika pak Bupati tidak memanfaatkan potensi warga NU untuk memajukan Pasaman. NU, harus terus berperan menjaga keutuhan NKRI. NU, harus berkontribusi bagi kemajuan bangsa, negara juga daerah," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Prof Ganefri  menyinggung masih rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pasaman. Menurutnya banyak indikator penyebab, salah satunya di sektor pendidikan. 

"IPM Pasaman masih di bawah rata rata, ini patut disayangkan. Saya rasa ini juga harus menjadi tugas NU di Pasaman untuk membantu bagaimana meningkatkan IPM, khususnya di sektor pendidikan," katanya. 

Ia pun mendorong anak muda Pasaman, khususnya kaum nahdiyin melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. NU, kata dia, harus bisa mendongkrak hal tersebut ke depannya. 

"Seluruh anak-anak kita harus diberikan kesempatan melanjutkan pendidikan hingga ke PT. Anak anak Pasaman akan kita prioritaskan bisa masuk ke UNP lewat jalur mahasiswa undangan. Tahun ini, 2.200 orang mahasiswa diberikan beasiswa, mulai dari biaya hidup Rp700 ribu setiap bulan dan kuliah gratis selama 4 tahun," ujar Rektor UNP ini. (*)

 

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]