Dinas PUPR Sumbar Sebut akan Segera Perbaiki Ruas Jalan Provinsi di Solsel


Sabtu, 06 Maret 2021 - 15:52:55 WIB
Dinas PUPR Sumbar Sebut akan Segera Perbaiki Ruas Jalan Provinsi di Solsel Kondisi kerusakan ruas jalan provinsi di Abai, Solsel membuat warga goro menimbun lubang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sumatera Barat (Sumbar) akan segera memperbaiki ruas jalan provinsi di kabupaten Solok Selatan (Solsel). Demikian dikatakan Kepala Dinas PUPR Sumbar, Fathol Bari kepada Harianhaluan.com, Sabtu (6/3/2021).

"Untuk tahun 2021, ruas jalan Lubuk Malako-Abai Sangir akan segera kita perbaiki menggunakan dana rehab dan pemeliharaan jalan," ucap Fathol Bari.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Senada Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Sumbar, Dedi Rinaldi mengatakan alokasi anggaran untuk perbaikan ruas jalan provinsi di Solsel yang berasal dari APBD Sumbar berkisar Rp 8,9 miliar.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

"Ada pekerjaan perbaikan ruas jalan Padang Aro-Lubuk Malako-Abai Sangir-Sungai Dareh, Dharmasraya. Termasuk pekerjaan penggantian lantai jembatan Abai - Sungai Dareh," kata Dedi.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Sumbar, Mario Syah Johan menyebutkan perbaikan ruas jalan provinsi di Solsel sudah teranggarkan melalui APBD Provinsi.

"Saat ini Gubernur Sumbar baru saja dilantik sehingga ada proses yang berjalan secara administrasi. Tapi tiga ruas jalan itu sudah teranggarkan hanya menunggu pelaksanaan," katanya pada Harianhaluan.com

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

Tiga ruas jalan provinsi di Solsel yang sudah teranggarkan dari APBD Sumbar tersebut, kata Mario adalah ruas jalan Padang Aro - Lubuk Malako. Abai - Sungai Dareh Dharmasraya dan ruas jalan Lubuk Malako - Abai.

"Sudah pasti pengerjaan tiga ruas jalan di Solsel. Namun, berhubung secara administrasi ada mekanisme yang dilalui karena kepala daerah Sumbar baru saja dilantik, mulai dari penunjukan PPK, Pojka dan proses administrasi lainnya," ujarnya.

Pihaknya memperkirakan proses pengerjaan ruas jalan provinsi di Solsel tersebut sekitar Mei sampai Juni 2021. 

"Dana yang sudah teranggarkan itu berbarengan dengan dana APBN senilai Rp630 miliar. Sementara, dari anggaran APBN fokus untuk jalan tembus Abai Solsel - Sungai Dareh Dharmasraya karena masih jalan tanah sebab status jalan baru naik ke jalan provinsi sejak 2016," sebutnya.

Mario juga mengapresiasi upaya masyarakat yang peduli untuk menimbun akses jalan yang rusak di Abai, dengan cara swadaya. "Untuk perbaikan melalui anggaran APBD Sumbar pasti dilaksanakan pada tahun ini, hanya menunggu proses yang tengah berjalan," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]