Belajar Tatap Muka di Sekolah, Siswa dan Guru Perlu Dites Covid-19 dengan GeNose


Sabtu, 06 Maret 2021 - 20:17:19 WIB
Belajar Tatap Muka di Sekolah, Siswa dan Guru Perlu Dites Covid-19 dengan GeNose Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bagi siswa dan guru yang akan melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah perlu dites Covid-19 secara rutin dengan GeNose karena alat yang diciptakan UGM itu cukup efektif dan praktis.

“Harus secara rutin. Bisa setiap Senin dan Jumat, sehingga benar-benar terukur, dan terdeteksi. Biayanya jangan dibebankan ke sekolah, harus ada mekanisme pembiayaan yang dicover dari anggaran pemerintah,” kata Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattlitti dalam keterangannya, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga : Kementerian PANRB Keluarkan Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadan

Menurutnya, dalam konteks kepentingan massal seperti sekolah, diperlukan cara yang cepat, murah namun tanpa mengabaikan tingkat akurasi.

“Saya pikir sudah tepat menggunakan metode tes GeNose. Karena cepat dan murah dan tingkat akurasinya juga sudah diuji. Bahkan sekarang digunakan sebagai syarat untuk penumpang kereta api,” jelasnya.

Baca Juga : Atasi Wabah Corona, Ketua DPD RI: Pemerintah Perlu Dengarkan Pendapat Ahli Epidemiologi

Selain tes GeNose, alternatif lain yang bisa digunakan untuk para siswa menurut LaNyalla adalah menggunakan tes Covid-19 Saliva yang menggunakan air liur sebagai media uji. Selama ini di Jatim jika ada kegiatan dan harus tatap muka di sekolah maka siswa wajib menyertakan hasil bebas Covid-19 berbasis SWAB Antigen.

"Tes SWAB Antigen ini biayanya cukup mahal. Tentu hal ini dapat menghambat proses belajar mengajar. Harus ada jalan keluar. Tes GeNose atau Saliva yang berbiaya murah, cepat dan akurat saya kira bisa dijadikan alternatif solusi," tegas LaNyalla. (*)

Baca Juga : Wapres Anjurkan Masyarakat Zona Merah Beribadah Ramadan di Rumah

Reporter : Syafril Amir | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]