Cegah Perceraian dan Kekerasan, Kemenag Padang Dukung Raperda PKK


Sabtu, 06 Maret 2021 - 22:14:23 WIB
Cegah Perceraian dan Kekerasan, Kemenag Padang Dukung Raperda PKK Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Padang mendukung Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pembangunan Ketahanan Keluarga (PKK). Ranperda ini merupakan usulan dari Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang, guna menekan angka perceraian dan kekerasan di daerah itu.

"Mengenai ranperda itu kami membahas dari berbagai sudut baik secara bahasa, hukum dan secara sosiologi," kata Kepala Kemenag Padang Marjanis, kemarin.

Baca Juga : Aktifitas Balimau di Padang Dibubarkan Polisi

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Menurut Marjanis, terkait adanya wacana lampiran baru terkait syarat pernikahan yang digagas seperti surat bebas narkoba, keterangan sehat dan izin kepala kaum tidak menjadi permasalahan.

"Bila aturan itu menimbulkan dampak positif bagi keluarga dan tidak berdampak negatif terhadap kepentingan umum itu sah-sah saja," ucap Marjanis.

Baca Juga : Akibat Covid-19, Jumlah Pengunjung Museum Adityawarman Padang Hanya 17 Ribu Per Tahun

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Marjanis berharap, dengan adanya Perda Pembangunan Ketahanan Keluarga tersebut nantinya tidak terjadi lagi dampak negatif di dalam keluarga.

Ketua Pansus IV Azwar Siry mengungkap, salah satu poin yang dibahas adalah persyaratan ketika pasangan pengantin mau menikah.

Baca Juga : Bulan Ramadan, Rutan Klas II B Padang Gelar Pesantren untuk Warga Binaan

“Melampirkan surat keterangan bebas narkoba bagi pasangan yang mau menikah. Namun tidak menjadi syarat yang membatalkan bagi pasangan pengantin untuk menikah, ini sedang kita bahas,” ungkap Azwar Siry.

Selain surat keterangan bebas narkoba, sebutnya, pasangan pengantin juga wajib melampirkan surat keterangan kesehatan, dan surat izin dari mamak kaum atau mamak kepala waris. (*)

Baca Juga : Jelang Safari Ramadan, Hendri Septa Berikan Arahan Pada 66 Pengurus Masjid dan Musala

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]