Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II


Sabtu, 06 Maret 2021 - 22:40:18 WIB
Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II Pendistribusian vaksin.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar mengungkapkan, Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi daerah terakhir yang akan menjemput vaksin Covid-19 di provinsi itu.

"Mentawai jadi daerah terakhir yang akan menjemput vaksin Covid-19 tahap dua ke gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat," ujar Kasi Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Elno Sabri.

Baca Juga : Denda Pelanggar AKB di Sumbar Terkumpul Rp90 Juta

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Menurut Elno, pada jadwal yang telah dibuat seharusnya Kabupaten Kepulauan Mentawai menjemput vaksin pada Kamis bersama dengan Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan. Namun karena menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal ke Kota Padang, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai baru akan menjemput besok.

"Belum pasti juga tergantung ketersediaan kapal. Kalau nggak bisa besok, maka Senin pekan depan kata mereka vaksin dijemput," sebutnya.

Baca Juga : Sumbar akan Bangun Flyover Sitinjau Lauik, Tahun Ini Mulai Urus Izin Lahan dan Hutan Lindung

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Ia mengatakan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dapat memaklumi keterlambatan penjemputan vaksin karena memang akses yang sulit untuk ditempuh. 

"Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapatkan alokasi vaksin sebanyak 60 vial atau 600 dosis. Dengan jumlah tersebut, sasaran vaksinasi hanya diperuntukan bagi 300 orang karena satu orang membutuhkan dua kali penyutikkan dosis vaksin," tuturnya.

Baca Juga : Dua Kecamatan di Dharmasraya Masuk Zona Hijau

Elno mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendapatkan 99.700 dosis vaksin Covid-19 untuk tahap dua. Setiap daerah mendapatkan alokasi vaksin Covid-19 yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. Namun sama dengan tahap pertama, Kota Padang menjadi daerah paling banyak mendapatkan alokasi vaksin.

"Kalau sudah dijemput Pemda Mentawai maka secara keseluruhan penyaluran vaksin tahap dua tuntas. Diharapkan kabupaten/kota dapat segera menyelesaikan penyutikkan vaksin tahap dua pada pekerja pelayanan publik," ucapnya. (*)

Baca Juga : Belasungkawa dari Pegawai sampai Pimpinan DPRD Solsel, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Meninggal

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]