BIB Tuah Sakato Hasilkan Pemasukan 400 Juta Pertahun


Sabtu, 06 Maret 2021 - 23:10:11 WIB
BIB Tuah Sakato Hasilkan Pemasukan 400 Juta Pertahun Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat berkunjung ke BIB Tuah Sakato.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Keberhasilan usaha peternakan sangat ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan benih. Penggunaan benih bermutu berkontribusi langsung terhadap produktivitas hasil peternakan.

Berdasarkan data dari Balai Induk Benih (BIB) Tuah Sakato, Provinsi Sumbar sudah menghasilkan sekitar 400 juta pertahun.

Baca Juga : Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Lubuk Buaya Padang Mulai Normal

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Mahyeldi menyebutkan, kalkulasi bibit yang sudah menghasilkan diperkirakan 400 juta pertahun, pemerintah Sumbar dapat mengasilkan PAD pada proyek pembibitan sapi unggul ini.

"Kita sudah memiliki performa untuk menghasilkan sperma terbaik. Bahkan kita berencana sperma yang dihasilkan melalui industri tersebut dibagikan kepada peternak sapi di seluruh sentra sapi di Indonesia," sebutnya.

Baca Juga : Batam Night Market Bangkitkan Ekonomi UMKM Terdampak Pandemi

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Selain berkeliling, Gubernur Mahyeldi beserta rombongan juga diajak melihat 39 ekor penjantan dari berbagai jenis, melihat proses pengambilan sperma sapi, hingga pemgemasan benih sapi di dalam straw.

"Kita bangga UPTD BPTSD Tuah Sakato ini bisa menghasilkan 57.500 straw (dosis) yang telah mengirim di berbagai provinsi wilayah Indonesia," ucapnya.

Baca Juga : Bank Nagari Serahkan Hadiah untuk Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Kemudian, Mahyeldi tanpa ragu-ragu mendekati sapi sumental yang memiliki bobot hampir satu ton yang sudah siap melakukan pemgemasan benih sapi. Mahyeldi meninjau sejumlah fasilitas peternakan serta teknologi yang digunakan untuk menghasilkan industri bibit sapi unggulan di BIB Tuah Sakato yang luasnya 7 hektar.

"Yang kita lihat disini adalah proses bagaimana cara menghasilkan bibit sapi dengan kualitas baik," kata Mahyeldi. (*)

Baca Juga : Lagi, Tiongkok akan Investasi 1,38 Miliar Dolar AS di Indonesia

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]