DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan


Ahad, 07 Maret 2021 - 05:05:51 WIB
DLH Kabupaten Pessel: Kepekaan Siswa Secara Dini Terhadap Ancaman Lingkungan Perlu Dilakukan Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pessel, Beny Rizwan

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Hal tersebut dilakukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap pengelolaan dan pemilahan sampah. Kemudian, sosialisasi juga dilakukan untuk pembuatan kompos sederhana.

Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pessel, Beny Rizwan bahwa sosialisasi pengelolaan sampah tersebut penting dilakukan terhadap siswa dan kalangan pelajar. Sebab melalui sosialisasi itu nantinya mereka akan memiliki pengetahuan dan juga memahami bagaimana cara pemilahan sampah.

Baca Juga : TSR VI Kunjungi Masjid Nurul Amri, Sekdako Sonny: Wahana Bangun Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

"Tak hanya itu mereka juga tahu cara pembuatan kompos agar lingkungan sekitar tetap terjaga dari pencemaran," katanya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga : Kunjungi Masjid Jihadu Walidaina, TSR V Serahkan Bantuan Rp20 Juta

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Disampaikanya bahwa sosialisasi itu dilakukan pihaknya pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di semua kecamatan. Sebagaimana sosialisasi juga telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga : Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat, TSR IV Kunjungi Masjid Nurul Khairat

Dia berharap melalui sosialisasi itu, kepedulian dan kepekaan siswa terhadap lingkungan akan semakin tinggi di daerah itu.

"Sebab bila lingkungan tidak dijaga dari dampak yang bisa menimbulkan kerusakan, bisa menimbulkan ancaman bencana yang sangat besar. Makanya kepekaan secara dini terhadap ancaman lingkungan perlu dilakukan," jelasnya.

Baca Juga : Tim III Kunjungi Masjid Nurul Furqan TPL, Ketua DPRD Serahkan Hibah Renovasi Masjid

Dikatakan lagi bahwa pihaknya juga memberikan dorongan kepada semua sekolah di daerah itu bisa sebagai sekolah Adiwiyata.bKarena program Adiwiyata merupakan gerakan peduli lingkungan yang memiliki dampak positif dalam membentuk sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan sekitar.

Dia juga berharap bagaimana sekolah-sekolah yang ada di daerah itu nantinya juga mempersiapkan kurikulum yang memperhatikan aspek lingkungan. Tujuannya agar siswa mengerti bagaimana cara menjaga lingkungan hidup.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]