Tips Sederhana Atur Keuangan Agar Bisa Pangkas Utang


Ahad, 07 Maret 2021 - 05:15:23 WIB
Tips Sederhana Atur Keuangan Agar Bisa Pangkas Utang Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Habis gajian tapi bingung harus bayar semua tagihan dan cicilan. Sehingga niat untuk menabung harus diundur. Mulai saat ini, Anda harus membuat rencana dalam mengembalikan keuangan pribadi ke jalur yang benar. Bagaimana pun, banyak orang membutuhkan sejumlah besar uang yang disisihkan untuk membantu mengatasi kemunduran finansial yang tidak terduga.

Dikutip dari Bisnis.com, terdapat beberapa tips sederhana untuk Anda dapat mengatur keuangan. Selain itu, Anda juga bisa memangkas utang dan menyisihkan untuk tabungan darurat. Berikut ulasan tips sederhana atur keuangan:

Baca Juga : Bank Nagari Serahkan Hadiah untuk Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik

  • Kurangi pengeluaran.

Sama seperti mengurangi ukuran pinggang yang baik untuk kesehatan Anda, mengurangi lemak dalam anggaran bulanan adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan dana darurat. Tujuan utama harus untuk membangun biaya hidup cadangan enam bulan. Tapi seperti diet, itu membutuhkan disiplin. Tinjau setiap pengeluaran yang Anda miliki dan tanyakan pada diri Anda. Dapatkah Anda menghilangkan atau mengurangi sebagian pengeluaran.

  • Bayar diri Anda sendiri dulu.

Saat gajian tiba, uang cenderung menghilang dengan cepat. Jadi, gunakan tabungan Anda secara autopilot. Siapkan setoran otomatis yang memindahkan uang langsung dari gaji Anda ke rekening tabungan Anda.

Baca Juga : Lagi, Tiongkok akan Investasi 1,38 Miliar Dolar AS di Indonesia

  • Bebaskan diri dari tuduhan "berulang".

Teliti pernyataan kartu kredit Anda dan identifikasi serta batalkan pengeluaran berulang untuk layanan yang tidak lagi Anda gunakan. Seperti langganan majalah atau streaming video atau program penurunan berat badan.

  • Tingkatkan deductible asuransi Anda.

Pertimbangkan untuk pengurangan pada polis asuransi rumah dan mobil Anda. Anda juga dapat menghemat uang dengan menggabungkan polis, atau memiliki sejumlah jenis polis asuransi, seperti pemilik rumah dan mobil, pada operator yang sama.

Baca Juga : PDKT jadi Proker UPTD Metrologi Disperindagkop dan UKM Pariaman

  • Simpan kenaikan gaji atau bonus Anda.

Rejeki nomplok, seperti kenaikan gaji atau bonus, sangat bagus. Tetapi jika Anda membelanjakan semuanya, itu tidak terlalu bagus untuk rekening tabungan Anda. Jangan menyesuaikan pengeluaran Anda ke atas agar sesuai dengan arus pendapatan Anda yang lebih tinggi. Saat menerima kenaikan gaji atau rejeki nomplok lainnya pertimbangkan untuk memprioritaskan menabung atau membayar hutang.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Bisnis.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]