Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 13 Ditutup Siang Ini, Segera Daftar


Ahad, 07 Maret 2021 - 12:52:16 WIB
Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 13 Ditutup Siang Ini, Segera Daftar Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mengumumkan jika pendaftaran peserta untuk Program Kartu Prakerja gelombang 13, akan ditutup hari ini, pukul 12.00 WIB ini. Adapun kuota pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang kali ini masih sama dengan sebelumnya yakni sebanyak 600.000 orang.

"Sobat Prakerja, Mimin mau mengumumkan bahwa Gelombang 13 akan ditutup pada hari Minggu, tanggal 7 Maret 2021 pukul 12.00 WIB. Bagi Sobat Prakerja yang sudah memiliki akun Prakerja, segera klik tombol 'Gabung' yang ada di dashboard ya!," mengutip penjelasan akun instagram resmi @prakerja.go.id.

Baca Juga : Pesan Penting Kapolri, Tidak Ada Ampun Bagi Polisi yang Terlibat Narkoba!

Disebutkan jika peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja. "Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP. Hati-hati dengan situs palsu! Daftar hanya di situs resmi www.prakerja.go.id," dalam akun instagram prakerja yang dikutip dari merdeka.com.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, sebelumnya mengatakan ada beberapa hal yang baru bagi para penerima Kartu Prakerja di tahun 2021. Setelah mereka dinyatakan lolos seleksi, dana bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta akan muncul di dashboard.

Baca Juga : Kemajuan Industri 4.0 Dorong Indonesia Menuju Sepuluh Besar Kekuatan Ekonomi Global

Tetapi sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, mereka wajib menonton 3 video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit. "Video induksi ini akan membantu mereka memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening," jelasnya.

Cara Daftar
Program Kartu Prakerja gelombang 13 ini diberikan kepada karyawan, pencari kerja hingga korban PHK yang ingin mendapatkan pelatihan dan bantuan insentif.

Baca Juga : Airlangga Hartarto: Praktik Korupsi Hambat Laju Pertumbuhan Ekonomi 

Namun, peserta terpilih harus memenuhi beberapa syarat. Mulai dari Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun, belum pernah menerima atau jadi peserta Kartu Pekerja, hingga belum pernah jadi penerima Bansos Kementerian Sosial, penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Berikut tata cara pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13:

Baca Juga : RUU Kejaksaan, DPR dan Pemerintah Sepakat Penguatan Korps Adhyaksa

- Membuat akun di laman resmi www.prakerja.go.id.
- Cantumkan nama lengkap, alamat email dan kata sandi. Lalu lakukan konfirmasi melalui tautan yang dikirim melalui email terdaftar.
- Setelah berhasil daftar dan login di akun prakerja, silakan masuk ke dashboard akun.
- Pada tahap verifikasi KTP, isi NIK, Nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Berikutnya.
- Lengkapi data diri dan unggah foto KTP, lakukan verifikasi nomor handphone dan klik Kirim.
- Masukan kode OTP yang dikirimkan via SMS lalu klik Verifikasi.
- Isi Pernyataan Pendaftar, kemudian klik Oke.
- Ikuti Tes Motivasi dan Tes Kemampuan Dasar dengan memilih opsi Mulai Tes Sekarang.
- Pilih gelombang diinginkan yang disesuaikan dengan domisili, lalu klik Gabung.
- Konfirmasi pilihan gelombang akan muncul, dan jika sesuai klik Ya, Gabung.
- Terakhir, calon peserta akan ditanyai beberapa hal sebagai persetujuan mengikuti program Kartu Prakerja. Lalu klik Saya menyetujui untuk menyelesaikan pendaftaran. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : merdeka.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]