Dugaan Penyelewengan Dana Covid di Sumbar, Darul Siska: Harus Usut Tuntas


Ahad, 07 Maret 2021 - 15:48:11 WIB
Dugaan Penyelewengan Dana Covid di Sumbar, Darul Siska: Harus Usut Tuntas Anggota DPR RI Komisi IX Bidang Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kependudukan, Darul Siska

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPR RI Komisi IX, Darul Siska minta kasus dugaan penyelewengan dana covid-19 pengadaan hand sanitizer di Sumatera Barat (Sumbar) terus diusut hingga tuntas.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Darul Siska sangat menyayangkan masih ada oknum yang menggunakan kesempatan dalam kesempitan. Apalagi saat ini, wabah virus masih berlangsung.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

"Ya, meski diusut oleh kepolisian dan kejaksaan. Ditambahkan ini merupakan program nasional," katanya saat kegiatan Sosialisasi 4 Pilar di Aula Pemprov Sumbar," Minggu (7/3/2021).

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menanggapi telah dikembalikannya sebagaian dana, Darul Siska mengaku, ini merupakan tindakan kejahatan. Jika memang ada indikasi penyelewengan, harus diselidiki.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

"Kalau dikembalikan itu biasanya berupa pinjaman. Jika ada penyimpangan dalam hal ini, kepolisi dan kejaksaan mengusut tuntas," kata wakil rakyat fraksi Golkar itu.

Sebelumnya, dugaan penyelewengan itu berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Sumbar.

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Atas temuan itu, DPRD Sumbar membentuk panitia khusus (pansus) untuk menindaklanjuti indikasi penyimpangan anggaran tersebut.

Diketahui, sekitar Rp49 miliar yang dicurigai penggunaanya dalam pengadaan hand sanitizer.  Menurut Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman, hal itu bukanlah temuan, tetapi dipertanyakan.  (*)

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]