Disperindagkop dan UKM Dorong Pemanfaatan Teknologi untuk Pengembangan UMKM di Pariaman


Ahad, 07 Maret 2021 - 18:41:53 WIB
Disperindagkop dan UKM Dorong Pemanfaatan Teknologi untuk Pengembangan UMKM di Pariaman Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pelaku UMKM di Kota Pariaman didorong memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas terhadap produk yang dihasilkan selain konvensional.

"Dengan kemajuan teknologi saat ini, sangat mendukung percepatan pengembangan usaha, tidak hanya dalam peningkatan produk, juga pasar," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit kepada Harianhaluan.com, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga : Bank Nagari Serahkan Hadiah untuk Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Dikatakannya, buka lapak dan memanfaatkan instagram di internet, juga merupakan langkahnya. Pemko Pariaman, selalu mengingatkan pelaku usaha UMKM akan hal tersebut, bahkan telah memberikan sejumlah pelatihan sebagai bekal.

"Diantaranya, seperti pelatihan manajemen usaha berbasis digital, terkait pengembangan produk usaha dan perluasan pasar," ujarnya.

Baca Juga : Lagi, Tiongkok akan Investasi 1,38 Miliar Dolar AS di Indonesia

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Ditambahkannya, tentang kualitas produk yang dihasilkan UMKM, cukup bagus, bisa bersaing, buktinya dapat memenuhi permintaan pasar, tidak hanya Sumbar tetapi juga ke provinsi tetangga juga seperti Riau dan Jambi.

"Kolaborasi fashion dengan rajutan atau sulaman, telah banyak menarik perhatian pasar, termasuk juga produk makanannya, seperti keripik balado, kipang kacang, ladu," katanya.

Baca Juga : PDKT jadi Proker UPTD Metrologi Disperindagkop dan UKM Pariaman

Dilanjutkannya, saat ini masih fokus terhadap pasar nasional, namun menjangkau pasar secara internasional juga harus, sehingga peredaran produk UMKM Kota Pariaman bertambah luas. Jika pasar untuk produk-produk tersebut mapan dan luas, nota benenya adalah perekonomian cerah, tingkat kesejahteraan meningkat.

"Teruslah pacu peningkatan kualitas, kuantitas produk dan keinginan pasar serta perluasan pasar sehingga omset yang diraih terus meningkat. Memang sudah banyak juga UMKM yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk perluasan bisnisnya, namun tentu perlu maksimal," tukasnya. (*)

Baca Juga : Keren, Pasar Teluk Uma Nominator Juara Nasional

Reporter : Trisnaldi | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]