Apa yang Harus Dilakukan Jika Tertelan Permen Karet, Berbahayakah?


Ahad, 07 Maret 2021 - 21:29:00 WIB
Apa yang Harus Dilakukan Jika Tertelan Permen Karet, Berbahayakah? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah unggahan video di TikTok membagikan informasi soal proses yang terjadi di pencernaan jika tertelan permen karet.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @nadialaydrus. Ia merekam adegan permen karet yang tidak sengaja tertelan, kemudian memberi penjelasan bagaimana permen karet dapat dicerna oleh tubuh.

Baca Juga : Trik dan Tips dari Dokter Spesialis agar Kulit Sehat Selama Ramadan

Apa yang dapat kita lakukan saat permen karet tidak sengaja tertelan, dan seberapa berbahaya?.

Tak berbahaya jika sedikit Dokter umum di RSUD dr Moewardi, Solo, Jawa Tengah, dr Wahyu Tri Kusprasetyo, mengatakan, jika permen karet yang tertelan dalam jumlah sedikit, kemungkinan tidak akan berdampak pada pencernaan.

Baca Juga : Ingat Ya! Bayarkan Dua Hal Ini Dulu Kalau Dapat THR

"Apabila permen karet tertelan dalam jumlah yang tidak banyak, maka kecil kemungkinan untuk menutup saluran pencernaan," kata Wahyu, dikutip dari Kompas.com, Mingggu (7/3/2021).

Melansir Healthline, kandungan yang terdapat dalam permen karet adalah kombinasi dari polimer, pemlastis, dan resin. Biasanya, kombinasi tersebut dicampur dengan pelembut, pengawet, pemanis, pewarna, dan perasa kelas makanan.

Baca Juga : Wah! Konten Video Vision+ Original Series hingga Live TV Nasional Kini Hadir di MAXstream

Seringkali, permen karet memiliki lapisan poliol bubuk atau keras. Menelan permen karet tidak disarankan. Akan tetapi, jika tidak sengaja menelannya, Anda tidak perlu khawatir.

Tubuh memang tidak dapat mencerna permen karet, tetapi sepotong permen karet yang tertelan biasanya akan melewati sistem pencernaan, Permen karena itu tetap akan berbentuk utuh dan keluar melalui tinja setelah sekitar 40 jam, seperti hampir semua makanan lain yang dimakan manusia.

Baca Juga : Semarakkan Momen Ramadan, Ada Video Challenge Telkomsel Berhadiah Puluhan Juta

Lain cerita jika menelan permen karet dalam jumlah besar dengan waktu singkat. Hal itu berpotensi menyebabkan penyumbatan di usus.

Tindakan

Untuk permen karet yang tertelan dengan jumlah sedikit, Wahyu mengatakan, tidak perlu tindakan. Hanya perlu menunggu permen karet melalui saluran pencernaan.

"Tergantung besar kecilnya. Apabila permen karet sudah masuk lambung tidak perlu dilakukan tindakan," tutur Wahyu.

Ia membenarkan bahwa permen karet tidak dapat dicerna dengan baik dalam tubuh. 

"Permen karet tidak dapat dicerna dengan baik di tubuh karena mengandung getah karet, dan membutuhkan waktu yang lama untuk berubah bentuk. Bentuk nya akan menyesuaikan dengan feces," terang Wahyu. 

Permen karet dengan jumlah sedikit yang tidak sengaja tertelan, kemudian menuju ke lambung, justru tidak berbahaya. Kondisi berbahaya, menurut Wahyu, jika permen karet masuk ke kerongkongan atau tenggorokan. 

Hal ini berbahaya karena dapat mengganggu saluran pernapasan. Bila tidak segera ditangani, saluran pernapasan akan tersumbat dan berisiko fatal. Akan tetapi, tidak perlu panik.

Wahyu menyarankan pertolongan pertama untuk permen karet yang tersangkut di kerongkongan adalah dengan menepuk-nepuk punggung dengan tenaga yang cukup. 

Jika permen karet tidak juga keluar dan kondisi tak kunjung membaik, Wahyu menyarankan untuk segera menemui dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]