Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok


Ahad, 07 Maret 2021 - 21:35:50 WIB
Pantai Air Manis Padang Masih Lengang, Omset Pedagang Anjlok Gerbang masuk Pantai Aira Manis Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski akhir pekan, suasana objek wisata Pantai Air Manis, Kota Padang, Provinsi Sumbar masih relatif lengang. Kunjungan wisatawan belum menunjukkan lonjakan signifikan.

Pantauan Harianhaluan.com, Minggu (7/3/2021), suasana gerbang utama tidak terjadi antrean. Suasana pantai pun relatif tidak ada kerumunan atau keramaian yang berarti. Meski demikian beberapa unit mobil mulai masuk ke kawasan wisata.

Baca Juga : Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Salah satu pemilik ATV, Mail mengatakan, kondisi ini sudah terjadi sejak sekolah tatap muka pada awal tahun 2021 diterapkan secara nasional, termasuk di Padang. Ini mengakibatkan turunnya pendapatan pedagang dan jasa sewa ATV.

"Rata-rata sewa ATV turun 50 persen. Maklum jasa ATV banyak digunakan anak-anak, kadang untuk mendapatkan penyewa kita harus berebut sesama pemilik ATV yang lain," kata Mail.

Baca Juga : Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Mail menyebutkan, biasanya kalau hari libur bisa mendapat Rp300.000 per hari. Namun sekarang untuk Rp100.000 saja susah. Sehingga sulit untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

"Kalau banyak pengunjung yang datang, bisa juga kita tawarkan mau main ATV atau tidak. Sekarang hanya datang satu dan dua, bagaimana mau menawarkannya," kata Mail.

Baca Juga : Maanta Lamang, Tradisi Pengantin Baru di Minang untuk Mertua Jelang Ramadan

Begitu juga pedagang kuliner dan souvenir. Jual beli mereka benar-benar anjlok hampir dua bulan terakhir. Mereka berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan Pantai Air Manis kembali ramai pengunjung.

Diketahui, Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih dalam bahasa Minang adalah pantai yang terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari pusat Kota Padang. Lokasinya Berada di belakang Gunung Padang atau tepatnya di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Baca Juga : Dukung Kemajuan Olahraga, Pemko Padang Bakal Bangun Stadion Sepak Bola Bertaraf Internasional

Pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil, memiliki panorama yang indah di sisi utaranya dan legenda Malin Kundang.

Di ujung utara pantai ini terlihat gundukan Gunung Padang dari kejauhan. Di samping itu, terdapat dua pulau kecil yaitu Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang yang berjarak tak seberapa jauh dari pantai ini. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]