Diselundupkan ke Sel, Petugas Lapas Temukan Ganja dalam Kemasan Teh dan Keripik


Ahad, 07 Maret 2021 - 22:02:53 WIB
Diselundupkan ke Sel, Petugas Lapas Temukan Ganja dalam Kemasan Teh dan  Keripik Petugas Lapas menemukan ganja kering yang akan diselundupkan ke dalam sel tahanan. (Ist-Haluanriau.co)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Narkoba jenis daun ganja kering  ditemukan dalam kemasan teh celup dan  kemasan Keripik Singkong  oleh petugas etugas Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang, Provinsi Riau

Barang haram tersebut akan diselundupkan ke orang dalam sel tahanan  melalui pengiriman paket dari keluarga napi. Jumlahnya sebanyak 20 paket  terdiri dari 17 paket kecil dibungkus dalam kemasan teh celup Sari Wangi kotak dan  sebanyak  3 paket sedang dibungkus dalam kemasan makanan ringan Keripik Singkong Jimbaran.

Baca Juga : Gegara Kerap Marahi Ibu, Pemuda Ini Tega Bacok Ayah Kandungnya Hingga Tewas

“Hari ini kita memang ada jadwal pengeriman paket makanan dari keluarga narapidana. Sekira pukul 10.10 WIB, petugas menemukan barang kiriman dari salahsatu keluarga napi yang mencurigakan,” ujar Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutarno,  seperti dilansir dari haluanriau.co, Ahad (6/3/2021).

“Setelah barang itu dicek, petugas menemukan paket yang diduga narkoba jenis ganja yang dibungkus dalam kemasan teh Sari Wangi sebanyak 17 paket kecil dan 3 paket sedang dalam kemasan makanan ringan Keripik Singkong Jimbaran Balado,” tambah dia.

Baca Juga : Mengaku Bunuh Istrinya tapi Jasad yang Ditemukan Berusia 1.600 Tahun

Sutarno mengatakan, ada dua mekanisme yang dilakukan dalam pemeriksaan pengiriman paket di Lapas Bangkinang, yakni posko drive thru dan X-Ray. Untuk pengiriman paket makanan itu para pengirim diwajibkan meninggalkan identitas resmi, guna memudahkan pihak kepolisian untuk melacak para pelaku.

“Inilah bukti komitmen kami dalam membrantas peredaran narkoba di lapas Bangkinang ini. Sehingga semua pintu masuk betul-betul kita periksa secara detail,” ucap Sutarno.

Baca Juga : Operasi Keselamatan Digelar Selama 14 Hari

Selain itu, ia juga sudah menyosialisasikan serta mengintruksikan kepada para petugas agar tidak terlibat dalam peredaran narkoba maupun pungli.

“Hal ini, kita tekan betul dengan adanya surat pernyataan janji komitmen untuk memberantas peredaran narkoba dan Hp di Lapas Bangkinang,” katanya.

Baca Juga : Kampung Bahari Nusantara Diresmikan Danlanal Ranai

Kalapas menuturkan, dalam kasus itu ada dua orang napi yang diamankan pagi tadi, saat ini keduanya sudah dibawa oleh pihak Polres Kampar beserta dengan barang bukti yang kita temukan,” ujarnya.

“Dalam kasus ini ada 2 orang napi terlibat, nanti pengembangannya kita serahkan ke pihak kepolisian. Saat ini kedua napi tersebut serta barang bukti sudah kita serahkan ke Satresnarkoba Polres Kampar,” pungkasnya. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]