Wajib Tahu! Ini Dia Jenis-jenis SIM yang Ada di Indonesia


Ahad, 07 Maret 2021 - 22:23:42 WIB
Wajib Tahu! Ini Dia Jenis-jenis SIM yang Ada di Indonesia ilustrasi SIM

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - SIM merupakan salah satu hal yang harus dimiliki saat berkendara. SIM menjadi bukti registrasi dan identifikasi yang dikeluarkan Polri kepada seseorang untuk berkendara sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.

Lebih jauh tentang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang berlaku di Indonesia, bisa diklasifikasikan menjadi dua diantaranya :

Baca Juga : Resep Lauk Tahan Lama, Bisa untuk Sahur dan Buka Puasa

  1. SIM Kendaraan Bermotor perseorangan (untuk kendaraan pribadi

  1. SIM Kendaraan Bermotor Umum (untuk kendaraan umum).

    Baca Juga : Sebentar Lagi Puasa, Ini Doa Menyambut Bulan Ramadan yang Diamalkan Rasulullah SAW

SIM Perseorangan terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :

  1. 1. SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kilogram.

    Baca Juga : Scooter Fan's Club Padang Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah

  1. SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram.

  1. SIM B2, untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kilogram.

    Baca Juga : Bunda, Ini Cara Cari Lokasi Suami Lewat WhatsApp

  1. SIM C, berlaku untuk mengemudikan sepeda motor, terdiri atas:

  • SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) paling tinggi 250 kapasitas silinder

  • SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) antara 250 sampai dengan 750 kapasitas silinder (cylinder capacity)

  • SIM C untuk pengemudi Sepeda Motor dengan kisaran kapasitas silinder (cylinder capacity) di atas 750 kapasitas silinder (cylinder capacity).

  1. SIM D, berlaku untuk mengemudi kendaraan bermotor khusus bagi pengemudi disabilitas/berkebutuhan khusus.

SIM Umum Dalam Pasal 8 Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 terdiri dari beberapa jenis, diantaranya :

  1. SIM A Umum, untuk mengemudikan mobil penumpang umum dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kilogram.

  1. SIM B1 Umum, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kilogram.

  1. SIM B2 Umum, untuk mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kilogram. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]