Dampak Tidur Teratur Bagi Kesehatan: Tingkatkan Gairah Seksual


Senin, 08 Maret 2021 - 04:14:14 WIB
Dampak Tidur Teratur Bagi Kesehatan: Tingkatkan Gairah Seksual Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pola tidur yang teratur dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tidur misalnya, bisa meningkatkan kekebalan tubuh hingga menjaga kesehatan jiwa.Sebaliknya, pola tidur yang tidak teratur memberikan dampak buruk bagi kesehatan. 

Seperti produktivitas menurun hingga rentan mengalami sakit. Dilansir dari Suara.com, Minggu (7/3/2021) Profesor Colin Espie dari Nuffield Department of Clinical Neuroscience University of Oxford, juga salah satu pendiri Sleepio mengatakan pola tidur setiap orang berbeda-beda.Berikut manfaat pola tidur yang teratur bagi kesehatan tubuh:

Baca Juga : Ini Syarat dan Cara Mendaftarkan BPJS Kesehatan Bagi Bayi Baru Lahir

  • Kekebalan tubuh

Melansir NHS Inggris, pola tidur yang buruk membuat Anda rentan terserang ifneksi seperti pilek maupun flu. Kurang tidur juga dapat mengurangi kekebalan tubuh Anda, sehingga mudah terserang penyakit.Karena itu, jika pola tidur teratur dan jarang begadang, dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara sehat.

  • Kesehatan jiwa

Survei bagi pengidap kecemasan atau depresi menghitung kebiasaan tidurnya, ternyata sebagian besar dari mereka tidur kurang dari 6 jam dalam semalam. Jika pola tidur memburuk, kesehatan jiwa juga ikut berpengaruh. Karena itu, jika pola tidur teratur, tidak hanya kesehatan fisik saja, melainkan juga mental.

Baca Juga : Viral! Pesta Pelajar di Kantor Bupati Langgar Prokes

  • Mencegah diabetes

Penelitian menunjukkan, orang yang biasanya tidur kurang dari 5 jam semalam memiliki peningkatan risiko terkena diabetes.

Karena itu, tidur yang sehat juga memengaruhi agar terhindar dari penyakit diabetes.

Baca Juga : Dokter Reisa: Vaksinasi pada Bulan Ramadan tidak Membatalkan Puasa, Justru Diwajibkan

  • Meningkatkan gairah seks

Pria dan wanita yang tidak memiliki kualitas tidur yang cukup memiliki libido rendah dan kurang tertarik pada seks. Kadar testosteron yang lebih rendah juga ikut berpengaruh.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Suara.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]