Hati-hati! Pola Makan yang Buruk Bisa Bikin Gendut


Senin, 08 Maret 2021 - 04:20:10 WIB
Hati-hati! Pola Makan yang Buruk Bisa Bikin Gendut Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Memiliki tubuh yang ideal menjadi idaman banyak perempuan. Berbagai cara dilakukan perempuan untuk dapat mendapatkan goal tubuh yang ideal. Mulai dari diet ketat hingga menjaga pola makan yang sehat. Karena, pola makan yang buruk bisa menyebabkan tubuh menyimpan lemak dan membuat tubuh menjadi gemuk.

Kegemukan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malasnya berolahraga hingga tidak menjaga pola makan. Dikutip dari womantalk.com, Minggu (7/3/2021) kebiasaan makan yang buruk meliputi hal berikut:

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung saat Puasa

  • Makan terlalu cepat

Sebagian besar orang gemuk memiliki nafsu makan yang besar dan makan dengan sangat cepat. Biasanya, makanan selalu ditelan tanpa dikunyah sepenuhnya, sehingga tidak berubah menjadi chyme (bubur makanan) agar dapat diserap oleh usus.

Akibatnya, setelah makan banyak, orang tersebut masih merasa lapar dan ingin makan lebih banyak. Selain itu, makan terlalu cepat akan meningkatkan kadar glukosa darah, sehingga sebelum otak mengirimkan sinyal untuk berhenti makan, orang tersebut sudah makan terlalu banyak.

Baca Juga : Saran Ahli Gizi dalam Memilih Menu Sahur dan Buka Puasa

  • Makan camilan terus menerus

Pada sebagian orang, kadang hanya makan sedikit saat makan utama, tetapi makan camilan terus menerus, sehingga menyebabkan total kalori yang terkumpul di dalam tubuh jauh melebihi standar normal.

  • Tidak sarapan

Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan cara tidak sarapan sama sekali. Namun, tidak sarapan malah akan menambah rasa lapar saat makan siang, sehingga Anda akan makan lebih banyak.

Baca Juga : Waspada, Kasus Positif Covid-19 Melambung Lagi di Batam

  • Makan malam berlebihan

Karena keterbatasan waktu, banyak orang cenderung kurang memerhatikan apa yang mereka makan saat sarapan dan makan siang, tetapi makan terlalu banyak saat makan malam. Saat gula dicerna dalam tubuh manusia, sebagian akan masuk ke dalam darah dan membentuk gula darah. 

Kemudian insulin dapat membuat gula darah berubah menjadi lemak dan menumpuk di dinding pembuluh darah dan dinding perut. Seiring berjalannya waktu akan membuat orang menjadi gemuk.

Baca Juga : Aduh, Terjadi Peningkan Lansia Meninggal Terpapar Covid-19 di Riau

  • Makan terlalu banyak gula

Gula tidak hanya mudah diserap, tetapi juga dapat meningkatkan aktivitas enzim yang dibutuhkan untuk pembentukan lemak. Terlebih lagi, hal ini juga dapat merangsang sekresi insulin, yang memiliki efek meningkatkan sintesis lemak, sehingga menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh.

  • Ngemil setelah makan malam

Setelah makan malam biasanya muncul keinginan untuk mengudap sesuatu yang manis. Anda pun kemudian makan tanpa berpikir seperti menyantap sepotong brownies, makan popcorn, soda, atau makanan tinggi kalori. Setelah itu, Anda langsung tidur sehingga kalori yang Anda konsumsi akan bertumpuk dan menambah berat badan.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Womantalk.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]