Soal KLB Partai Demokrat, PKS: Ini Musibah Demokrasi


Senin, 08 Maret 2021 - 06:50:52 WIB
Soal KLB Partai Demokrat, PKS: Ini Musibah Demokrasi Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Insiden perebutan kekuasaan di Partai Demokrat lewat Kongres Luar Biasa (KLB) yang digawangi oleh Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sangat disayangkan oleh Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera.

Dia menilai bahwa insiden tersebut merupakan musibah demokrasi yang semakin memperburuk citra parpol di hadapan masyarakat.

Baca Juga : Ada Gerakan Mau Kudeta Cak Imin dari Kursi Ketum PKB, Benarkah?

"Pertama, ini musibah demokrasi. Perpecahan di parpol kian memperpuruk citra parpol di publik," kata Mardani, Senin (8/3/2021), seperti dilansir Okezone.

Menurut Anggota Komisi II DPR itu, pemerintah seharusnya menjadi pembina partai politik yang dewasa dan adil. Jangan sampai ada parpol yang dilemahkan, apalagi jika dilakukan oleh negara.

Baca Juga : Survei IPO: AHY Masuk Lima Besar Tokoh Potensial di Pilpres 2024, Anies Teratas

"Pemerintah punya tugas menjadi pembina yang dewasa dan adil. Tidak boleh ada parpol yang lemah apalagi dilemahkan," ujarnya.

Oleh karena itu, legislator Dapil DKI Jakarta ini menegaskan bahwa parpol harus sehat dan kokoh, karena tugas parpol ini berat. Dan lroses demokrasi di internal parpol juga harus akuntabel dan terbuka.

Baca Juga : Pakar Analisis Ucapan Moeldoko 'Diperintah Jokowi': Tak Ubahnya Unjuk Kekuatan

"Tugas parpol berat karena itu mesti sehat dan kokoh. Proses demokrasi internal di parpol mesti akuntabel dan terbuka," pungkas Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR ini. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]