Disaksikan Bupati Dharmasraya, Tahapan Vaksinasi Pedagang Pasar Sikabau Dimulai Hari Ini


Senin, 08 Maret 2021 - 15:58:57 WIB
Disaksikan Bupati Dharmasraya, Tahapan Vaksinasi Pedagang Pasar Sikabau Dimulai Hari Ini Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat menyaksikan pemberian vaksin Sinovac bagi pedagang pasar yang merupakan rangkaian tahapan vaksinasi nasional bebas COVID-19 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, resmi dimulai hari ini, Senin (08/03).

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN. COM - Pemberian vaksin Sinovac bagi pedagang pasar yang merupakan rangkaian tahapan vaksinasi nasional bebas COVID-19 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, resmi dimulai hari ini, Senin (08/03). 

Pada pelaksanaan hari pertama tahapan tersebut, dipusatkan di kawasan Pasar Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, disaksikan langsung pelaksanaannya oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Pada kesempatan itu, bupati kembali mengingatkan pentingnya vaksinasi tersebut dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus pandemi tersebut. 

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

"Dengan aktifitasnya sehari-hari yang harus melayani pembeli, pedagang menjadi salah satu profesi yang termasuk paling rentan terpapar COVID-19, sehingga pemerintah memandang perlu untuk memberikan rasa aman bagi populasi pedagang dari ancaman pandemi," ungkapnya, di sela-sela kegiatan tersebut. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan imunitas disamping tetap menerapkan standar protokol kesehatan di tempat umum dan keramaian secara benar, tepat dan terukur. 

Sehingga, lanjutnya, risiko penyebaran virus COVID-19 di daerah itu bisa ditekan seminimal mungkin dan aktifitas masyarakat dapat kembali berjalan normal. 

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

"Vaksinasi bukan sekadar tentang mengebalkan tubuh penerima vaksin dari paparan virus, tapi juga meliputi pemutusan mata rantai penyebaran sejak dari lingkungan terkecil yakni keluarga," pungkasnya. 

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Yosta Defina, yang juga turun langsung untuk memantau aktivitas vaksinasi di pasar tersebut, mengatakan bahwa tidak hanya pedagang Pasar Nagari Sikabau yang mendapatkan vaksin Covid-19 secara gratis dari pemerintah.

"Kami juga melakukan vaksinasi bagi kepala jorong, staf Nagari Sikabau oleh petugas kesehatan dari puskesmas setempat," jelasnya. 

Ia mengatakan, dari data yang dikumpulkan sebanyak 30 orang pedagang siap untuk dilakukan vaksin, adalah kelompok yang rata-rata selalu melaksanakan aktivitas di tengah pasar dalam keseharian. 

"Tidak hanya itu, aparat TNI dan Polri, seperti Bhabinsa dan Bhabinkantibmas Nagari Sikabau juga ikut divaksin dalam kesempatan tersebut," utupnya. 

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, melaksanakan vaksinasi dosis pertama bagi pelayanan publik yang merupakan lanjutan program nasional vaksinasi Sinovac untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, Senin (15/02). 

Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, Yosta Devina, mengatakan pada kegiatan vaksinasi kali ini ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh. 

"Bersamaan dengan kegiatan ini akan dilakukan vaksinasi tahap kedua secara bertahap bagi 6.970 petugas pelayanan publik yang terdiri dari unsur Aparatur Sipil Negara dan TNI/Polri yang bertugas di Kabupaten Dharmasraya, yang akan dilaksanakan di 14 Puskesmas dan dua umah sakit yang ada di daerah ini," ungkapnya.(*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]