Kabar Gembira, Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Dharmasraya Berlanjut 2021


Senin, 08 Maret 2021 - 16:39:05 WIB
Kabar Gembira, Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Dharmasraya Berlanjut 2021 Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman (kanan) saat menerima secara simbolis dokumen perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, di Jakarta, Senin (08/03/21).

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang menjadi salah satu unggulan Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dipastikan kembali berlanjut pada tahun anggaran 2021.

Kepastian itu ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, terkait kelanjutan program ini, di Jakarta, Senin (08/03/21).

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya, Darisman, yang mewakili pemerintah daerah dalam penandatangan SPK tersebut mengucap syukur dengan dilanjutkannya kembali program PSR di Dharmasraya. 

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

"Program ini akan sangat membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas komoditas kelapa sawit, yang merupakan salah satu tanaman perkebunan unggulan di Dharmasraya," ungkapnya. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Menurutnya, meskipun tantangan saat ini cukup berat, mengingat harga sawit di tingkat petani cukup tinggi, yang tentunya akan ada kecenderungan petani untuk menunda peremajaan sawitnya. 

"Tetapi demi peningkatan kuantitas dan kualitas sawit petani agar diperoleh produksi yang tinggi demi mewujudkan kesejahteraan petani sawit, jajaran Dinas Pertanian tetap optimis bisa terlaksana," sebutnya.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Ia mengatakan, pada masa pandemi COVID-19 sektor pertanian menjadi satu-satunya sektor yang tidak terpengaruh dan merupakan sektor yang selalu menopang ekonomi masyarakat baik secara lokal maupun regional. 

"Dengan dilaksanakannya program peremajaan itu, diharapkan akan mampu semakin menggairahkan perekonomian sektor riil dari kluster perkebunan milik rakyat," tutupnya. 

Upaya memaksimalkan pemanfaatan lahan pertanian di beberapa sentra pengembangan sektor agribisnis di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, yang diselaraskan dengan percepatan pembangunan bidang infrastruktur menjadi kiat tersendiri bagi daerah itu dalam menyangga potensi pertumbuhan sektor riil. 

Terbukti, hingga saat ini tercatat sebanyak 581 unit alat mesin pertanian (alsintan) telah disalurkan ke para petani di daerah itu, sejak empat tahun terakhir. 

"Selain itu, seluas 5063,29 Hektare perkebunan sawit masyarakat sudah dilaksanakan upaya penanaman kembali atau replanting untuk meremajakan kembali tegakan kelapa sawit 163.415 batang dan bantuan ternak sapi dan kambing bagi masyarakat yang terkena imbas kegiatan peremajaan tersebut," ungkap Kepala Dinas Pertanian setempat, Darisman, di Dharmasraya, Rabu (11/11/20).(*)

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Nova Anggraini
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]