Harga Ikan di Padang Naik, Omset Pedagang Turun


Senin, 08 Maret 2021 - 18:14:18 WIB
Harga Ikan di Padang Naik, Omset Pedagang Turun Salah satu pedagang ikan di Pasar Raya Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Harga ikan di Pasar Raya Padang, Provinsi Sumbar mengalami peningkatan. Faktor cuaca menjadi penyebab kenaikan harga ikan di pasaran.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Raya Padang, Edi mengatakan, sudah beberapa hari ini cuaca tidak menentu sehingga nelayan banyak tidak melaut, yang akhirnya berimbas kepada harga ikan. Maka stok yang ada saat ini sudah tidak banyak.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Kalau banyak nelayan tidak melaut otomatis hasil tangkapan berkurang, jadi stok sedikit. Mau tidak mau harga ikan dinaikan," kata Edi, Senin (8/3/2021).

Baca Juga : Luncurkan Fitur E-Registration, PermataBank Dukung Generasi Muda Aktif Raih Financial Freedom

Edi mengungkapkan, ikan yang dijual di pasaran sekarang masih stok lama karena disimpan di lemari pembeku. Akibatnya mahalnya harga ikan pembeli juga berkurang.

"Ikan ini masih stok lama, kadang-kadang pembeli juga malas beli ikan stok lama ini. Karena mereka mau yang baru juga, jadi berimbas kepada jual beli," ujar Edi.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Kenaikan harga terjadi pada ikan laut teri dari sebelumnya Rp70.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 80.000 per kg. Kenaikan harga juga terjadi pada cabai merah kerinting dari Rp36.000 menjadi Rp42.000 per kg.

Salah seorang pembeli, Ade mengaku kenaikan harga ikan dan kebutuhan pokok lainnya terasa cukup menyulitkan. Dia terpaksa harus mengirit pengeluaran dengan beralih ke pangan yang lebih murah.

"Gak jadi beli ikan, beli saja yang pas dikantong. Kalau beli ikan Rp80 ribu per kg. Belum lagi beli cabainya, banyak kan pengeluaran jadinya," kata Ade.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman memperkirakan cuaca di sejumlah wilayah Sumbar selama 2 (dua) ke depan cerah namun berpotensi hujan dengan intensitas lebat.

Prakiraan cuaca Sumbar, Minggu (7/3/2021):

Siang menjelang sore diprediksi berawan di sejumlah Sumbar. Namun berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Pasaman, Agam, Lima Puluh Kota, Kab. Solok, Pesisir Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Solatan, Padang, Payakumbuh dan Sawahlunto.

Malam hari diprediksi berawan di sejumlah Sumbar. Namun ada potensi hujan ringan di wilayah Kep. Mentawai, dan Kabupaten Solok, Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Pesisir Selatan.

Dini hari diprediksi berawan di sejumlah wilayah Sumbar. Namun ada potensi hujan hujan ringan di wilayah Pesisir Selatan, Kab. Solok, Padang; Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Kep. Mentawai.

Suhu udara kisaran 16-31 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60 - 98%. Arah angin bertiup dari Barat Daya - Barat Laut, dengan kecepatan 4-30 Km/jam.

"Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada pada pagi hingga siang hari di wilayah Pasaman, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Kab. Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan, Payakumbuh Sawahlunto," imbau BMKG. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]