Singgung Safari AHY ke Kantor Yasonna-Mahfud, Kubu KLB Sumut: Gak Usah Lebay


Senin, 08 Maret 2021 - 20:05:51 WIB
Singgung Safari AHY ke Kantor Yasonna-Mahfud, Kubu KLB Sumut: Gak Usah Lebay Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Andhika P/detikcom)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kubu Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) di Deli Serdang, Sumut menyinggung safari yang dilakukan Ketua Umum PD Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Salah seorang perwakilan penggagas KLB Demokrat, Hencky Lutungan menilai safari AHY ke Kemenkum HAM hingga Kemenko Polhukam berlebihan.

Awalnya Hencky mengatakan pihaknya akan menyerahkan berkas pendaftaran KLB ke Kemenkum HAM besok (9/3).

Baca Juga : Kementerian PANRB Keluarkan Aturan Jam Kerja ASN Selama Ramadan

Usai menyerahkan berkas, Hencky menyebut pihaknya tidak ada kegiatan safari dan akan langsung pulang.

"Kita masih perampungan. Iya kemungkinan dibawa besok, karena masih perampungan hari ini. Teman-teman pasti besok ke sana (Kemenkum HAM). Pulang lah abis dari Kumham ya pulang lah," kata Hencky dikutip dari detik.com, Senin (8/3/2021).

Baca Juga : Atasi Wabah Corona, Ketua DPD RI: Pemerintah Perlu Dengarkan Pendapat Ahli Epidemiologi

Hencky kemudian menyinggung safari yang dilakukan AHY. Menurutnya, safari AHY hari ini lebay.

"On the track aja lah nggak usah kayak lebay dari Kumham ke Polhukam, nanti ke Presiden. Lebay, cuma urusan RT sampai ke Camat, Walikota, ngarang aja," ujarnya.

Baca Juga : Wapres Anjurkan Masyarakat Zona Merah Beribadah Ramadan di Rumah

Hencky mengibaratkan persoalan di internal PD ini seperti pencurian sandal yang penyelesaiannya tidak perlu lapor polisi. Apalagi kata Hencky harus sampai ke tingkat Kapolri.

"Orang curi sandal urusannya ayok kita panggil, kita balikin, nggak usah lah sampai ke polisi, Kapolres, Kapolri, hal kecil kok dibikin besar," imbuhnya.

Baca Juga : Resmikan Ponpes Tajul Falah Banten, Kapolri: Silahturahmi dengan Ulama Jangan Pernah Putus

Seperti diketahui, AHY hari ini menyambangi kantor Menko Polhukam Mahfud Md. AHY datang setelah menyerahkan berkas AD/ART hingga kepengurusan PD ke kantor Kemenkumham. AHY didampingi Sekjen PD Teuku Riefky Harsya dan beberapa kader.

Selain ke Kemenkum HAM dan Kemenko Polhukam, AHY juga menyambangi kantor pusat Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kedatangannya tersebut bertujuan menyerahkan sejumlah dokumen dan berkas untuk mengklarifikasi bahwa acara yang diklaim sebagai kongres kuar biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumut tidak sah.

KLB Demokrat yang diklaim segelintir pihak sudah rampung dan memutuskan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai ketua umum. Hasil KLB Demokrat disebut akan didaftarkan ke Kemenkumham untuk mendapatkan surat keputusan (SK) hari ini.

Terkait kisruh KLB Demokrat, Menko Polhukam Mahfud Md menyatakan pemerintah akan memprosesnya secara hukum setelah ada laporan dari penyelenggara.

Dasar penyelesaian kisruh Demokrat ini yakni UU Partai Politik dan AD-ART Partai Demokrat tahun 2020. Sejauh ini, kata Mahfud, AHY masih ketum PD. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]