Tingkatkan Knowledge, Skill, Attitude, 128 Peserta Ikuti PBK di BLK Lubuk Sikaping


Senin, 08 Maret 2021 - 21:49:41 WIB
Tingkatkan Knowledge, Skill, Attitude, 128 Peserta Ikuti PBK di BLK Lubuk Sikaping Mewakili Bupati Pasaman, Asisten II, Yuspi menyerahkan seragam dan perlengkapan pelatihan kepada peserta.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 128 orang peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi (PBK) gelombang I di UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping, Senin (8/3/2021). Untuk tahun ini, BLK Lubuksikaping menyiapkan delapan paket kejuruan.

Meski acara pembukaan PBK berlangsung semarak dan meriah. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Program Kementerian Ketenagakerjaan ini, secara resmi dibuka oleh Asisten II, Yuspi mewakili Bupati Pasaman.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Dari laporannya, Kepala UPT BLK Lubuk Sikaping Haryadi mengatakan, alumni BLK itu, kini sudah bekerja dibeberapa negara seperti, Jepang, Malaysia, Brunei hingga Batam, Kepulauan Riau. Mereka bekerja diberbagai perusahaan dan industri.

"Pada pelatihan kali ini, kita sengaja menampilkan para alumni BLK Lubuk Sikaping yang sudah bekerja. Itu kita tayangkan saat pembukaan tadi. Ini membuat acara semakin menarik, berbeda dengan sebelum-sebelumnya," ungkap Haryadi.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menurut Haryadi, acara yang dikemas dan dirancang bersama rekan rekannya ini tetap mengikuti Peraturan Pembukaan Pelatihan yang berlaku sesuai dengan standar pembukaan PBK Kemnaker.

"Dengan dibukanya secara resmi PBK gelombang I di UPT BLK Lubuk Sikaping, dengan demikian program peningkatan skill di Kabupaten Pasaman telah dimulai untuk tahun 2021 ini," katanya.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Bupati Pasaman, diwakili Asisten II Setda Kabupaten Pasaman, Yuspi mengatakan, untuk menekan angka pengangguran dan mencetak calon-calon tenaga kerja terampil, pemerintah tengah mengupayakan berbagai hal. Salah satunya adalah menggelorakan fungsi pelatihan di BLK.

"Selain untuk mencetak generasi muda yang memiliki skill dan keterampilan menghadapi perkembangan globalisasi, pelatihan di BLK diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri dan menciptakan wirausaha-wirausaha muda," katanya.

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

Dikatakan Yuspi, keberadaan BLK Lubuk Sikaping sebagai lembaga pelatihan resmi milik pemerintah terus menerus konsisten dan komit dalam mencetak generasi generasi muda yang terampil.

"Kita harus semangat menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini. Sebagaimana diketahui bahwa sudah banyak alumni BLK Lubuk Sikaping yang mampu menghadapi persaingan global bekerja di luar negeri," ujarnya.

Disisi lain, Kadis Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (Perdaginnaker), M.N Susilo mengatakan dari tahun ketahun BLK Lubuk Sikaping terus meningkatkan kegiatan pelatihan PBK di UPT BLK tersebut.

"Jadi, setiap siswa yang ikut pelatihan harus serius, sehingga dalam konteks pelatihan yang dikuti oleh peserta dapat meningkatkan, Knowledge, Skill, Attitude," imbuhnya. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]