Wali Kota Pariaman Sampaikan Penjelasan Tiga Raperda pada Rapat Paripurna


Senin, 08 Maret 2021 - 22:05:10 WIB
Wali Kota Pariaman Sampaikan Penjelasan Tiga Raperda pada Rapat Paripurna Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menyerahkan tiga ranperda kepada Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nota, untuk dibahas DPRD Kota Pariaman, menjadi Perda.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyampaikan 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Pariaman Tahun 2021, pada rapat paripurna DPRD di ruang rapat utama DPRD Kota Pariaman, Senin (8/3/2021).

"Ranperda itu, tentang pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh," katanya.

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Dijelaskannya, Raperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2012 tentang tata ruang wilayah Kota Pariaman Tahun 2010 - 2030. Serta Ranperda tentang perubahan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2013 tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga.

Dijelaskannya lagi, terhadap Ranperda Penanggulangan Kawasan Kumuh, Kota Pariaman masih memiliki beberapa kawasan tersebut. Untuk menanggulanginya harus berdasarkan kebijakan hukum sepert Perda.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Dengan Perda, berbagai program dari Kementerian, Provinsi dan Kota Pariaman bisa dilaksanakan untuk mengurangi kawasan tersebut. Ranperda tentang retribusi tempat rekreasi dibuat berdasarkan perkembangan wisata yang cukup signifikan," ujarnya.

Ditambahkannya, ada sejumlah destinasi yang baru berkembang, belum dipungut retribusi  untuk meningkatkan PAD Kota Pariaman dengan diusulkan Ranperda ini tentu akan terkelola secara baik.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Sebelumnya Kota Pariaman telah mengajukan 3 Ranperda ke DPRD Kota Pariaman untuk dibahas dijadikan Perda. Banyak yang menjadi dasar terciptanya  Ranperda tersebut, antara lain, Pasal 98 ayat (3) UU Nomor 1 Tahun 2011 dan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, bahwa dengan segera akan membahas ranperda tersebut, karena membahas Ranperda ini mempunyai batas waktu sampai akhir Maret 2021. (*)

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Reporter : Trisnaldi | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]