Helat Musrenbang, Bupati Benny Prioritaskan Pembangunan yang Jadi Kebutuhan Masyarakat


Selasa, 09 Maret 2021 - 13:10:03 WIB
Helat Musrenbang, Bupati Benny Prioritaskan Pembangunan yang Jadi Kebutuhan Masyarakat Bupati Pasaman, Benny Utama saat menghadiri Musrenbang di Kecamatan Panti.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pasaman, mulai menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tiap kecamatan. Pelaksanaan musrenbang diawali di dua kecamatan, yakni Panti dan Padanggelugur, Senin (8/3/2021).

Bupati Pasaman, Benny Utama mengatakan, kegiatan musrenbang mempunyai arti penting dalam pembangunan daerah, karena musrenbang dilaksanakan untuk merumuskan program secara musyawarah untuk tahun berikutnya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 114, Sembuh 92, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

"Musrenbang ini sebagai tahapan pembangunan di seluruh wilayah. Setiap usulan pembangunan mulai tingkat nagari harus melalui mekanisme, sehingga usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat bisa terakomodir dengan baik," katanya di Lubuksikaping, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar Minggu Ke-57, Kabupaten 50 Kota Jadi Zona Merah

Musrenbang, kata dia, dilaksanakan di awal tahun pada setiap tahunnya. Tahapan mekanisme musrenbang harus dimulai dari tingkat nagari, kecamatan hingga kabupaten. 

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian

"Di kabupaten akan dilanjutkan perumusan melalui forum SKPD dan diteruskan untuk diperjuangkan pada musrenbang di tingkat Provinsi hingga Nasional," katanya.

Program dan kegiatan yang prioritas, kata dia, harus diperjuangkan dalam musrenbang. Sehingga pembangunan cepat terlaksana dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat di nagari. 

Baca Juga : Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik

"Jadi, untuk itu, kita harus lebih serius menyepakati apa sebenarnya prioritas pembangunan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Bukan pembangunan yang menjadi daftar keinginan segelintir individu atau kelompok tertentu," tegas Benny Utama.

Sementara, Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman, Choiruddin Batubara menjelaskan, bahwa musrenbang tingkat kecamatan merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan ditingkat nagari dilingkup kecamatan, sebagaimana amanat Permendagri Pasal 94 nomor 86 Tahun 2017.

"Jadi, kegiatan musrenbang yang dilaksanakan sekarang ini adalah melakukan penajaman, penyelelarasan dan klarifikasi sehingga tercapai kesepakatan terhadap rencana kerja pembangunan daerah yang telah dirumuskan menjadi rencana strategis pemerintah daerah pada aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD)," tutur Choiruddin. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]