Ini Usulan Wabup Pessel Rudi Hariyansyah pada Rakor Bersama Gubernur Sumbar


Selasa, 09 Maret 2021 - 16:48:20 WIB
Ini Usulan Wabup Pessel Rudi Hariyansyah pada Rakor Bersama Gubernur Sumbar Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah foto bersama usai rapat koordinasi kabupaten dan kota se Sumbar di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Apt  Rudi Hariyansyah, S Si  dalam rapat koordinasi dengan Gubernur Sumbar mengatakan, usulan program kerja Pesisir Selatan ( Pessel) lebih memprioritaskan dalam masalah pendidikan.

Hal tersebut disampaikan, Apt Rudi Hariyansyah,S Si dalam rapat koordinasi dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansyarullah dengan Bupati/Walikota Se-Sumatera Barat Tahun 2021 di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

Ia mengatakan, program dalam bidang pendidikan antara lain, memberikan subsidi iuran komite sekolah khususnya SMA dan SMK. Pembangunan SMK Baru di Kecamatan Bayang dan Kecamatan Lengayang serta memberikan beasiswa, terutama  mahasiswa perguruan tinggi.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Rudi menambahkan, melalui rapat koordinasi ini diharapakan  dapat menciptakan sinergitas antara, kabupaten dan provinsi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di harianhaluan.com

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

"Pesisir Selatan juga memiliki potensi dibidang  kelautan dan pertanian, namun pengelolaannya belum maksimal. Kondisi ini diharapkan agar pemprov sumbar melakukan program pembinaan kepada nelayan serta memberikan bantuan alat tangkap, budidaya perikanan dan modernisasi alat pertanian," tambah Wakil Bupati.

Dalam rapat koordinasi gubernur dan pimpinan daerah kabupaten dan kota se sumbar  tahun 2022 dan priode 2021-2026 dalam rapat singkrionisasi program kerja  dan kegiatan pembangunan di sumbar, juga dihadiri Wakil Bupati( Wabub) diwakili Plh. Sekda, Emirda  Ziswati, serta sejumlah kepala dinas terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan  

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Dispar Sumbar Gelar Pertemuan antara Pelaku Pariwisata dan Citilink

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansyarullah dalam tanggapannya mengatakan, pemprov sumbar di sektor pertanian, jajarannya memberikan perhatian pada bidang pertanian, peternakan, infrastruktur, pariwisata dan budaya, ulasnya

Diakui Mahyeldi, Pessel  termasuk salah satu daerah yang memiliki lahan yang cukup luas  serta berpotensi sebagai  lumbung beras di Sumbar. Untuk itu pemerintah provinsi akan  memberikan perhatian serius, terutama  pembangunan  pembenahan irigasi dan pengadaan  distribusi pupuk. 

Selain itu, pemprov Sumbar juga akan membangun rest area di batas provinsi, seperti di Sako dan Silaut. Untuk itu diminta agar  pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dapat mempersiapkan lahannya terkait infrastruktur tersebut.

"Kita juga meminta sinergitas antara dinas terkait untuk membuat roadmap pembenahan Kerajaan Inderapura. Sebagaimana diketahui, kerajaan ini memiliki keterkaitan dengan Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand Selatan," katanya. 
 
Dikatakan Mahyeldi, jika masyarakatnya kompak dan solid, maka kerajaan Inderapura ini bisa menjadi potensi wisata dan budaya yang luar biasa di Sumatera Barat dan Pesisir Selatan khususnya.

Wakil Gubernur Audy Joinaldy dalam tanggapannya mengatakan, Pesisir Selatan memiliki potensi dalam usaha di bidang perikanan seperti budi daya lobster, udang dan ikan kerapu. 

"Kita juga memiliki  potensi di bidang peternakan,sedangkan Pessel memiliki 2 plasma nutfah asli yakni, itik Bayang dan sapi Pasisie. Pemerintah provinsi akan mengembangkan potensi ini," tutupnya. (*)

Reporter : M. Joni | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]