Perang Inovasi dalam Era Disrupsi


Selasa, 16 Maret 2021 - 10:51:56 WIB
Perang Inovasi dalam Era Disrupsi Muhammad Rayhan selaku Sekretaris DPD PAN Padang 2020-2024 bersama Ketua Hendri Septa dan Bendahara Irawati Meuraksa.

Saat ini, kita berada di suatu era dimana arus informasi telah berevolusi bersamaan dengan teknologi. Perubahan zaman sama sekali tidak bisa kita lawan. Informasi adalah barang mewah yang harganya tidak lagi seperti dulu, sebagai suatu kemewahan yang bisa dinikmati oleh semua orang.

Oleh: Muhamad Rayhan - Sekretaris DPD PAN Kota Padang 2020-2024

Baca Juga : Iedul Fithri: Geliat Ekonomi, Momentum Keluar Resesi

Pengetahuan adalah segalanya, kekuasaan telah menjadi inheren dengannya, karena dengan pengetahuan perilaku masyarakat bisa berubah. Artinya apa? pengetahuan itu sama dengan politik. Politik adalah perang gagasan, perang inovasi, perang ide, counter-attack berada dalam wacana informasi dan pengetahuan. 

Masyarakat sudah cerdas dengan akses informasi yang sudah terbuka lebar, politik juga harus tumbuh bersamaan dengan inovasi, gagasan dan ide yang baru. Politik pun menjelma menjadi wacana yang dikonsumsi masyarakat. 

Baca Juga : Pembangunan dan Keadilan bagi Padagang Kaki Lima

Dalam disruption era, gagasan bisa merubah segalanya terkait tatanan hidup kita, ojek konvensional tiba-tiba karena sebuah inovasi berevolusi menjadi daring yang pastik kita sadari merubah perilaku masyarakat karena ada tatanan yang berubah, perilaku konsumen juga berubah karena inovasi dari online marketplace yang pemaknaannya bukan lagi "ruko dua pintu", tapi menjadi lebih compact dalam genggaman tangan. 

Kenyataan yang seperti ini harus kita sadari bahwa secara perlahan tatanan hidup masyarakat mulai berubah karena informasi, gagasan dan inovasi. Kesadaran akan hal ini merupakan sesuatu yang mendasar dan harus direnungkan dan dipikirkan dalam politik, ini merupakan langkah awal. Konflik pun akan selalu muncul. Disinilah politik mengambil peran sebagai penengah. Caranya, harus berorientasi pada keuntungan semua pihak. 

Partai Amanat Nasional (PAN) dalam sejarahnya selalu terbuka dengan ruang-ruang dialog. Untuk itu, saya berkeinginan untuk berkontribusi dalam pergerakan PAN yang selalu terbuka dengan dialog dan inovasi. Ketum Zulkifli Hasan yang selalu terbuka dengan inovasi dari anak muda juga membuat semakin besar keinginan saya untuk hadir dan memberikan upaya terbaik untuk pergerakan mulia ini.

Partai yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, keadilan, kemajuan, spiritualitas dan terbuka terhadap perubahan serta kemajemukan seharusnya bisa berbuat lebih untuk bangsa ini. Sepanjang sejarah, PAN selalu mendapat tempat di hati rakyat dan dipercaya untuk menduduki jabatan publik.

Hal ini membuktikan keterbukaan partai terhadap aspirasi publik dan hal ini merupakan sesuatu yang penting dalam politik bangsa kita. Atas cita-cita dan sejarah panjang yang ditorehkan oleh PAN dalam pergerakan untuk bangsa ini, saya ingin memberikan upaya terbaik dalam pergerakan bersama dengan PAN.

Jika saya diberi kesempatan untuk hadir dan berkontribusi bersama PAN, saya ingin menorehkan sejarah untuk bangsa ini dan membawa gebrakan inovasi untuk kebaikan kehidupan bersama, kehidupan berbangsa, bernegara dan juga untuk hadir dalam inovasi global. Upaya ini tentu tidak bisa saya upayakan sendiri, sinergi dari banyak pihak tentu saya harapkan dan akan upayakan untuk kemajuan bangsa bersama PAN. (*)

Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]