WHO Minta Semua Negara Tetap Gunakan Vaksin AstraZeneca


Selasa, 16 Maret 2021 - 12:20:07 WIB
WHO Minta Semua Negara Tetap Gunakan Vaksin AstraZeneca Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah negara memutuskan untuk menghentikan penggunaan vaksin Corona AstraZeneca, karena khawatir dapat memicu pembekuan darah pada penerimanya. Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta kepada semua negara untuk tetap menggunakan vaksin Corona AstraZeneca.  

"Kami tidak ingin orang panik, untuk saat ini, kami tetap merekomendasikan agar negara-negara terus melakukan vaksinasi dengan AstraZeneca," kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan dalam jumpa pers, dikutip detikcom dari Medical Xpress pada Selasa (16/3/2021).

Baca Juga : Batch Ketiga, 1.389.600 Dosis Vaksin Jadi AstraZeneca Tiba di Tanah Air

WHO pun mengatakan saat ini para ahli tengah meninjau data keamanan vaksin. Sementara para pengawas obat-obatan di Eropa akan mengadakan pertemuan khusus pada hari Kamis mendatang.

"Komite penasehat WHO untuk keamanan vaksin telah meninjau data yang tersedia dan melakukan kontak dengan European Medicines Agency, dan akan bertemu besok," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Senin (15/3/2021).

Baca Juga : Tips Menambah Berat Badan yang Sehat

Tedros menegaskan bahwa keputusan sejumlah negara untuk menghentikan sementara vaksinasi menggunakan vaksin AstraZeneca adalah sebagai tindakan pencegahan.

"Ini bukan berarti kejadian-kejadian ini terkait dengan vaksinasi COVID-19. Namun, ini adalah praktik penyelidikan rutin, dan itu menunjukkan bahwa sistem pengawasan berfungsi dan kontrol yang efektif telah diterapkan," ucap Tedros.

Swaminathan pun menekankan bahwa hingga saat ini tidak ada bukti sebab-akibat antara pembekuan darah dengan vaksin Corona, yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Oxford.

"Sejauh ini kami tidak menemukan hubungan antara kejadian ini dan vaksin," ujar Swaminathan. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]