Agar Tak Jadi Sarang Virus, Ini Tips Tepat Gunakan Masker serta Tempat Aman Menyimpannya


Selasa, 16 Maret 2021 - 13:07:26 WIB
Agar Tak Jadi Sarang Virus, Ini Tips Tepat Gunakan Masker serta Tempat Aman Menyimpannya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Semua orang diwajibkan mengenakan masker saat beraktivitas selama masa pandemi covid-19. Masker digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan covid-19 secara luas.

Meski demikian, masyarakat seringkali tidak memerhatikan penggunaan masker yang benar, terutama saat menyimpan masker yang hendak digunakan lagi. Apabila tidak disimpan dengan baik, tentunya masker ini berpotensi menjadi media pembawa virus corona bagi penggunananya.

Baca Juga : Batch Ketiga, 1.389.600 Dosis Vaksin Jadi AstraZeneca Tiba di Tanah Air

Merangkum dari unggahan akun Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Selasa (16/3/2021), masker yang diletakkan sembarangan mempunyai risiko lebih besar menjadi media penularan virus corona yang tersebar di udara.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan memiliki wadah atau tempat untuk meletakkan masker bersih dan ditutup dengan rapat. Beberapa benda seperti amplop, kantong kertas, dan wadah steril lainnya bisa menjadi alternatif tempat yang digunakan meletakkan masker saat tidak digunakan.

Baca Juga : Tips Menambah Berat Badan yang Sehat

Selain itu, semua orang juga diimbau menggunakan masker secara baik dan benar. Dikutip dari Okezone, terdapat empat hal yang wajib diperhatikan, masing-masing adalah:

1. Pastikan tidak memegang bagian luar masker.

2. Pastikan hanya memegang tali saat mencopot masker.

3. Tidak diturunkan ke dagu, apalagi jarang mengganti masker.

4. Mengganti masker setiap empat jam sekali atau bila basah dan lembap. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]