Mengapa Isu Presiden 3 Periode Kembali Berhembus?


Rabu, 17 Maret 2021 - 20:19:18 WIB
Mengapa Isu Presiden 3 Periode Kembali Berhembus? Bustami Narda.

Isu masa jabatan Presiden berubah menjadi 3 periode dari 2 periode sesuai pasal 7 UUD 1945 hasil amendemen, kembali berhembus. Kali ini mantan Ketua MPR Amien Rais yang membuat pernyataan tentang gal ini di chanel youtubenya.

Oleh: Bustami Narda

Baca Juga : Politik dan Etika Berkelindan dalam Pengisian Jabatan Wawako Padang

Namun pihak pemerintah telah membantah bahwa tak ada itu dari pihak pemerintah. Setahun lalu Presiden Jokowi sudah menyatakan tidak ada niat untuk mengubah masa jabatan Presien dari yang tertera pada pasal 7 UUD 1945 sekarang. Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa isu ini muncul lagi?.

Kita tak bisa menyangkal kalau ada kalangan yang masih khawatir akan terjadi sidang istimewa MPR untyk mengubah pasal 7 ini dari masa jabatan 2 periode menjadi 3 periode.

Baca Juga : Jangan Terlalu Bersedih Jika Kamu Dihinakan

Kita pun masih melihat bersayap ucapan Wakil Ketua MPR dari PKB, Jazilul Fawaid di media, yang mengatakan masih akan melihat perkembangan di tengah masyarakat. Ini jata bersayap.

Lagi pula, jika sempat ini menggelinding sampai ke sidang MPR besar kemungkinan akan lolos sesuai keinginan penguasa, karena mayoritas anggota MPR sekarang dari koalisi penguasa.

Baca Juga : Perang Inovasi dalam Era Disrupsi

Jadi, wajar kalau ada kalangan yang masih khawatir dengan kemungkinan adanya upaya untuk mengubah mada jabatan Presiden dari 2 periode ke 3 periode tersebut.

Indonesia sudah punya pengalaman di masa Orde Lama(Orla) dengan lahirnya Tap MPRS No. Ill/ MPRS/1963 yang menetapkan Soekarno Presiden seumur hidup. Di era Orde Baru (Orba) UUD 1945 mengatakan masa jabatan Presiden 5 tahun, setelah itu dapat dipilih kembali.

Baca Juga : Kita Perlu Bersemangat Walau Kondisi Sulit

Akibat "dapat dipilih kembali" itulah yang membuat Soeharto bisa jadi Presiden terus menerus. Di dunia politik antara "ya" dengan "tidak" sedikit sekali jaraknya. (**)

Editor : Milna Miana | Sumber : Relis
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]