Ilmuwan Sebut Cara Ini Bisa Hentikan Naiknya Permukaan Air Laut


Rabu, 31 Maret 2021 - 01:20:29 WIB
Ilmuwan Sebut Cara Ini Bisa Hentikan Naiknya Permukaan Air Laut ilustrasi laut

SAINS, HARIANHALUAN.COM - Naiknya permukaan air laut menjadi salah satu dampak perubahan iklim global menjadi masalah yang harus dihadapi manusia. Para ilmuwan pun mencari cara untuk bisa mengatasinya. Salah satu cara yang diklaim ilmuwan bisa menghambat naiknya permukaan air laut secara dramatis adalah dengan "meretas glester.

Dengan cara "meretas" gletser untuk mengurangi jumlah air yang mereka pompakan ke lautan kita. Dalam sebuah studi terbaru, tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh University College London, menguraikan sembilan teknik yang dapat digunakan untuk memperlambat pencairan glasial di lapisan es Greenland dan Antartika.

Baca Juga : 2030 Umat Muslim Rayakan 2 Kali Ramadhan dan Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Skema tersebut akan menggunakan "rekayasa geo", teknologi kontroversial berskala luas yang secara artifisial mengubah iklim bumi. Salah satu pendekatan yang dikedepankan oleh tim adalah dengan mencerahkan permukaan es, mengurangi pencairan permukaan. Cara lainnya adalah memompa karbon dioksida cair ke dasar gletser yang berbatu.

Diterapkan bersamaan untuk mengurangi emisi karbon, intervensi dapat membantu mencegah bencana perubahan iklim, menurut penulis utama studi Andrew Lockley. "Kenaikan permukaan laut mungkin merupakan ancaman yang paling merugikan dari perubahan iklim," katanya dilansir laman HiTekno, Minggu (28/3/2021).

Baca Juga : Ternyata! NASA Gunakan Ini untuk Mencari Tanda Kehidupan di Mars

Menurutnya, ini dapat menyebabkan banyak kota besar di dunia serta kerusakan lain seperti banjir badai dan hilangnya lahan pertanian. "Kami ingin menemukan cara untuk mengontrol proses tersebut," ungkap dia.

Suhu global rata-rata sudah 1,2C di atas tingkat pra-industri dan diperkirakan akan melewati patokan 2C antara 2050 dan 2100. Suhu yang melonjak, menyebabkan lapisan es yang menutupi Antartika dan Greenland menumpahkan triliunan ton air ke lautan kita setiap tahun, yang menyebabkan kenaikan permukaan laut di seluruh planet ini.

Penelitian yang diterbitkan bulan lalu menunjukkan bahwa, pada kecepatan saat ini, permukaan laut global rata-rata bisa naik sebanyak 1,35m (4,1 kaki) pada 2100. Para ilmuwan memperkirakan bahwa kenaikan di atas satu meter akan menjadi berita buruk bagi kota-kota pesisir, seperti New York dan Shanghai. Sekitar 770 juta orang, 10 persen dari populasi dunia, hidup kurang dari lima meter (16 kaki) di atas permukaan laut.

"Sebagian besar kenaikan permukaan laut yang diharapkan berasal dari gletser yang mencair," Lockley menjelaskan.

Hampir semuanya berada di lapisan es besar di Greenland dan Antartika. "Es ini bisa mencair karena pemanasan global. Tapi pemanasan juga bisa menyebabkan gletser meluncur lebih cepat. Beberapa gletser yang menempel pada bebatuan di bawah permukaan laut bisa pecah dengan sangat cepat begitu air laut yang menghangat sampai di bawahnya," tulisnya dalam penelitian. (*)

Editor : Agoes Embun | Sumber : HiTekno
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]