Simak! Tips Mengeringkan Kulit Jeruk untuk Makanan atau Minuman


Ahad, 04 April 2021 - 22:51:39 WIB
Simak! Tips Mengeringkan Kulit Jeruk untuk Makanan atau Minuman Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Buah jeruk bukan hanya enak dinikmati daging buahnya saja, tapi juga kulitnya. Dilansir dari Healthline, kulit jeruk mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin C, dan senyawa polifenol hesperidin yang berfungsi sebagai anti kanker.

Guna bisa mendapatkan kandungan baik dalam kulit jeruk untuk tubuh, ketahui cara mengolah kulit jeruk. Salah satunya cara mengeringkannya untuk makanan atau minuman.

Baca Juga : Kabar Baik! Jaringan di Wilayah Sumatera akan Ditingkatkan Selama Ramadan

Simak tips mengeringkan kulit jeruk seperti yang dilansir dari Kompas.com melalui The Spruce Eats, Minggu (4/4/2021).

Cara keringkan kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki rasa pahit, ikuti cara mengeringkan kulit jeruk dengan tepat agar bisa jadi tambahan rasa pada makanan atau minuman. Jenis jeruk yang bisa kamu keringkan kulitnya bervariasi, bisa kulit jeruk lemon, nipis, mandarin, atau sunkist.

Baca Juga : Maksimalkan Pengalaman Aktivitas Digital di Momen Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah

1. Siapkan kulit jeruk.

2. Siapkan dan gunakan pisau tajam untuk mengiris intisari kulit jeruk yang berwarna putih. Intisari kulit jeruk tersebut memiliki rasa pahit dan membuat kulit jeruk membutuhkan waktu lebih lama saat mengeringkannya.

Baca Juga : Resep Kolak Pisang Tanpa Santan, Cocok untuk Berbuka Puasa

3. Taruh kulit jeruk, dengan bagian dalam kulit menghadap ke atas, biarkan di tempat yang terkena cahaya matahari selama tiga sampai empat hari.

4. Kalau kamu ingin mengeringkan kulit jeruk dengan waktu singkat. Gunakan oven dan atur panas 93 derajat celsius salaam 25 hingga 30 menit. Sebelumnya, lapisi loyang dengan kertas dan tata kulit jeruk di atasnya.

Baca Juga : Intip 5 Trik Kurangi Asupan Karbohidrat

Nantinya, kulit jeruk akan menggulung dan menjadi kaku saat mengering. Kalau kulit jeruk sudah dikeringkan, kamu bisa menaruhnya di stoples kaca.

Letakkan stoples kulit jeruk di tempat yang gelap yang tidak mudah terkena cahaya. Kulit jeruk kering bisa bertahan hingga satu bulan lamanya. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]