Sudah Ngebet Ingin Punya Rumah? Begini Cara Pengajuan KPR Agar Tak Ditolak Bank


Selasa, 06 April 2021 - 11:18:51 WIB
Sudah Ngebet Ingin Punya Rumah? Begini Cara Pengajuan KPR Agar Tak Ditolak Bank Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) harus dilakukan sesuai syarat yang berlaku, untuk menghindari KPR ditolak oleh bank.

GM Divisi Manajemen Produk Konsumer Bank BNI, Teddy Wishadi membeberkan beberapa poin agar KPR disetujui, yang pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhan finansial.

Baca Juga : Kabar Baik! Jaringan di Wilayah Sumatera akan Ditingkatkan Selama Ramadan

"Sehingga cicilan per bulan maksimal 50% dari penghasilan per bulan. Kebanyakan kita mau beli rumah bagus, cicilan lebih dari 50%. Gaji Rp 2 juta, cicilan Rp 1,8 juta. Seperti ini harusnya punya data penghasilan tambahan," katanya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Kedua adalah persyaratan legalitas. Bank BNI bekerjasama dengan beberapa pengembang. Namun bukan berarti nasabah yang mengajukan KPR tak bisa memilih developer lain yang tidak bekerjasama dengan Bank BNI.

Baca Juga : Maksimalkan Pengalaman Aktivitas Digital di Momen Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah

"Pilih properti yang daerahnya bagus. Persyaratan legalitas di developer selesai, AJB beres, harus clear, kita melindungi nasabah. Jangan sampai beli rumah, murah, legalitas belum selesai. Kemudian kelengkapan dokumen sering terlupa," katanya lagi.

Terakhir yang paling penting adalah berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit. Dia menyebut, ada sistem informasi Bank Indonesia (BI) yang bisa diakses oleh perbankan. Data ini, lanjutnya, menjadi acuan bank untuk melihat kesehatan kredit setiap nasabah.

Baca Juga : Resep Kolak Pisang Tanpa Santan, Cocok untuk Berbuka Puasa

"Adakah tunggakan di bank lain. Bank juga bisa peroleh informasi, berapa besar kredit yang sudah dimiliki orang tersebut, ada pinjaman lain tidak," katanya menyebutkan.

Dia berpesan, jangan sembarangan memberi pinjaman kartu kredit kepada orang lain. Sebab efeknya bisa kembali ke diri sendiri.

Baca Juga : Intip 5 Trik Kurangi Asupan Karbohidrat

"Bisa mengurangi kemampuan membayar. Apalagi sampai orang yang kita pinjami kartu, namanya ada menunggak. Kita di blacklist di mana-mana," pungkasnya.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : CNBCindonesia
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]