Soal Pengisi Wawako Padang, Gubernur: Tergantung Partai Pengusung


Rabu, 07 April 2021 - 23:06:38 WIB
Soal Pengisi Wawako Padang, Gubernur: Tergantung Partai Pengusung Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hendri Septa telah dilantik menjadi Walikota Padang defenitif oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Asharullah, Rabu (7/4/2021). Namun hingga saat ini, belum diketahui siapa yang akan mengisi jabatan Wakil Walikota Padang.

Disela-sela acara pelantikan, Mahyeldi mengungkapkan, pemilihan calon Wakil Walikota Padang tentunya dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Pengusulan siapa yang bakal mengisi jabatan Wawako Padang, nantinya akan dilakukan oleh partai pengusung yaitu PKS dan PAN.

Baca Juga : Hendri Septa Dengarkan Pandangan Fraksi DPRD Tentang LKPJ Wali Kota Padang Tahun 2020

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Mahyeldi menyebutkan, dari nama yang diusulkan nantinya dibawa ke DPRD Kota Padang untuk ditetapkan sebagai pendamping Walikota Hendri Septa dalam mengimplementasikan visi dan misi kepemimpinan di Kota Padang. Gubernur Mahyeldi berharap mudah-mudahan hal itu dapat diselesaikan dengan cepat.

“Ya, kita ikuti aturannya," kata Mahyeldi usai melantik Hendri Septa jadi Walikota Padang.

Baca Juga : Hendri Septa Buka Sosialisasi LHKASN Tahun 2021

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa menyebutkan belum bisa membocorkan siapa calon Wawako yang akan mendampingi dirinya nanti. Meski dirinya Ketua DPD PAN Kota Padang, Hendri Septa menyebutkan tidak ingin membahas lebih jauh hal tersebut.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Terkait apakah akan tetap dari Partai PAN, Hendri Septa juga mengatakan tidak tahu karena mekanismennya diserahkan kepada partai pengusung.

Baca Juga : Aktifitas Balimau di Padang Dibubarkan Polisi

Sebelumnya, Hendri Septa resmi dilantik Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi menjadi Wali Kota Padang. Sebagaimana diketahui, Surat Keputusan (SK) pengangkatan Plt Wali Kota Padang Hendri Septa menjadi Wali Kota Padang defenitif telah diterbitkan oleh Kemendagri RI pada 28 Maret 2021. Pelantikannya dilakukan di Auditorium Kegubernuran pada pukul 10.00 WIB.

Tak hanya Hendri Septa saja, Mahyeldi juga ikut melantik Penjabat (Pj) Bupati Solok Heri Nofiardi. Hendri Septa diambil sumpah dan setelah itu melakukan penandatanganan berita acara dan fakta integritas yang juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Audy Joinaldy. Kemudian diberikan tanda pangkat oleh Gubernur dan petikan surat keputusan Menteri Dalam Negeri.

Baca Juga : Akibat Covid-19, Jumlah Pengunjung Museum Adityawarman Padang Hanya 17 Ribu Per Tahun

Hendri Septa sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padang berpasangan dengan Mahyeldi. Setelah Mahyeldi terpilih menjadi Gubernur Sumatra Barat, Hendri menjabat sebagai Plt Wali Kota Padang. Ia menjabat sebagai Plt Wali Kota Padang tanggal sejak 25 Februari 2021 yang lalu.

Kemudian, untuk Heri Nofiardi akan menjabat sebagai Pj Bupati Solok sampai tanggal 25 April 2021. Dia menjabat sampai dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih Epyardi Asda-Jon Firman Pandu pada 26 April 2021.(*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]