Tenang, Stok Pangan di Padang Dijamin Aman hingga Dua Bulan ke Depan


Rabu, 07 April 2021 - 23:28:23 WIB
Tenang, Stok Pangan di Padang Dijamin Aman hingga Dua Bulan ke Depan Foto istimewa

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 90 gudang penggilingan di Kota Padang yang menjadi pemasok beras untuk kebutuhan di daerah tersebut. Dengan begitu Dinas Pangan setempat menjamin stok kebutuhan pangan hingga 2 (dua) bulan ke depan masih aman.

"Pasokan utama dari gudang penggilingan sampai saat ini dinilai masih mencukupi. Sedikitnya ada sekitar 90 gudang penggilingan di Kota Padang yang menjadi pemasok beras untuk kebutuhan di daerah ini," ujar Kepala Dinas Pangan Kota Padang Guswardi.

Baca Juga : Hendri Septa Dengarkan Pandangan Fraksi DPRD Tentang LKPJ Wali Kota Padang Tahun 2020

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Selain ketersediaan stok lokal, kata Guswardi, sejumlah daerah di Sumatera Barat juga disebut akan memasuki musim panen diantaranya Solok. Oleh sebab itu, pasokan dari daerah tetangga tersebut dapat menjadi cadangan jika seandainya pasokan beras yang ada tidak mencukupi.

Sebelumnya, Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan juga menyatakan stok beras jelang lebaran terpenuhi. Saat ini stok beras yang tersedia sebanyak 85 ton di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) II Sumbar Nagari Sago, Kecamatan IV Jurai.

Baca Juga : Hendri Septa Buka Sosialisasi LHKASN Tahun 2021

Stok tersebut juga ditambah dengan masuknya musim panen di daerah itu.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Kepala Dinas Pangan Pessel, Alfis Basyir mengatakan dengan melihat jumlah stok yang tersedia, maka dapat dipastkan pasokan beras aman. Sehingga, katanya masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kelangkaan ataupun harga yang tiba-tiba naik nantinya.

Baca Juga : Aktifitas Balimau di Padang Dibubarkan Polisi

"Berdasarkan konfirmasi dan peninjauan yang dilakukan oleh petugas Dinas Pangan ke gudang Bulog yang terdapat di Nagari Sago, Kecamatan IV Jurai, stok beras saat ini mencapai 85 ton. Jumlah itu diyakini cukup menjamin ketersediaan beras untuk Pessel hingga lebaran nanti," katanya, dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Rabu (31/3/2021).

Ia melanjutkan, ketersediaan stok beras itu juga ditambah dengan datangnya musim panen di daerah tersebut. Maka kepada masyarakat diminta untuk tidak perlu cemas walaupun pandemi Covid-19 belum mereda.

Baca Juga : Akibat Covid-19, Jumlah Pengunjung Museum Adityawarman Padang Hanya 17 Ribu Per Tahun

Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Afriman Julta, juga mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pemantauan dan konformasi kepada petugas di gudang Bulog Divre II Sumbar Pesisir Selatan yang terdapat di Nagari Sago. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]