Koperasi Berbasis Syariah EL-Itqan Sukses Wakili Solsel ke Sumbar


Kamis, 08 April 2021 - 11:27:10 WIB
Koperasi Berbasis Syariah EL-Itqan Sukses Wakili Solsel ke Sumbar Tim penilai dari provinsi Sumbar berkunjung ke BMT EL-Itqan melakukan penilaian sekaligus pembinaan.

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Disperindagkop) Solok Selatan (Solsel) mengirim BMT EL-Itqan masuk nominasi penilaian Koperasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 2021.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Disperindagkop Solsel, Azizah Mutia mengatakan kompetisi Koperasi berprestasi tersebut diikuti oleh 14 koperasi berbagai jenis usaha di Sumbar.

Baca Juga : Pemprov Riau Mulai Sosialisasikan Inpres Nomor 2 Tahun 2021

"Di Solsel yang memenuhi dan bisa melengkapi persyaratan tahun ini hanya BMT EL-Itqan sehingga satu-satunya jenis syariah yang berkompetisi ditingkat provinsi," kata Azizah pada Harianhaluan.com, Kamis (8/4/2021).

Azizah menyatakan, dalam kontestasi tersebut ada persyaratan yang harus dipenuhi dan yang bisa melengkapi hanya EL-Itqan. "Setelah kita cek secara keseluruhan koperasi di Solsel, El-Itqan yang memenuhi standar persyaratan untuk masuk nominasi penilaian tahun ini," katanya.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Harga Sayuran Alami Penurunan

Dia mengatakan, tim penilai telah mengunjungi sembari melakukan penilaian ke BMT EL-Itqan di Lubuk Malako.

"Tim penilaian koperasi berprestasi Sumbar terdiri dari berbagai unsur diantaranya, Dekopin, Perbankan, Pembina dan Pengamat Koperasi. Tim penilai difasilitasi Dinas Koperasi dan UKM Sumbar," ujarnya.

Baca Juga : Bank Nagari Salurkan 200 Kg Rendang untuk Korban Bencana NTT

Di Solsel, kata Azizah terdapat 19 Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS), sementara yang telah menjadi Koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah (KSPPS) 2  koperasi, salah satunya EL-Itqan.

"Aset EL-Itqan saat ini melebihi Rp6 miliar dengan melayani lebih dari 2.000 orang yang mendapatkan pembiayaan atau calon anggota. Anggota tetap sekitar 25 orang," katanya.

Baca Juga : 80 Tahun OCBC NISP Melaju Jauh untuk Indonesia

Pihaknya berharap, dengan tumbuh dan berkembangnya jenis koperasi syariah di Solsel mampu mengurangi pelaku rentenir.

Selain itu, imbuhnya, pihaknya juga berharap BMT EL-Itqan bisa mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Pasalnya, dari 14 koperasi berprestasi 2021 di Sumbar, EL-Itqan yang jenis KSPPS. 

Azizah melanjutkan, secara bertahap pihaknya juga ingin semua koperasi konvensional yang bergerak dalam usaha simpan pinjam di Solsel bisa bermutasi atau melakukan konversi menjadi syariah. 

"Sesuai amanat Undang-undang Cipta kerja dan sangat cocok dengan budaya Islam. Bertahap dahulu, minimal sebelum secara kelembagaan setidaknya bisa menjalankan produk syariah," sebutnya.

Secara instansi pemerintah, kata Azizah pihaknya juga memberikan sosialisasi terkait koperasi syariah. Namun, juga bakal dilakukan kerjasama dengan pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Padang. 

"Kita bidik mahasiswa UIN karena melalui program KKN Mahasiswa bisa diberdayakan dalam memberikan edukasi kepada koperasi di Solsel. Disamping juga melibatkan ulama. Karena kita juga mengakui keterbatasan atau belum menguasai penuh tentang koperasi syariah," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]