25 Nagari Persiapan Segera Defenitif, Waktu Pemkab Pasaman Hanya 3 Bulan


Kamis, 08 April 2021 - 11:35:42 WIB
25 Nagari Persiapan Segera Defenitif, Waktu Pemkab Pasaman Hanya 3 Bulan Bupati Pasaman Benny Utama bersama jajaran DPM koordinasi dan konsultasi ke Kemendagri.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM--Tidak lama lagi, jumlah nagari di Kabupaten Pasaman bakal segera bertambah dari sebelumnya 37 menjadi 62 nagari. Dengan kata lain bertambah sebanyak 25 nagari lagi. Kini ke-25 nagari itu berstatus persiapan. 

Hal tersebut menyusul disetujuinya verifikasi ke-25 nagari persiapan itu oleh Kementerian Dalam Negeri untuk segera dijadikan nagari defenitif. Kesuksesan ini tak lepas dari kegigihan Pemkab Pasaman di bawah komando Bupati Benny Utama. 

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 101, Sembuh 158, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Bupati Pasaman, Benny Utama mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi bersama jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) ke Kemendagri, beberapa waktu lalu, secara prinsip menyetujui usulan pengalihan status 25 nagari persiapan tersebut menjadi definitif.

"Kita sudah melakukan konsultasi dan koordinasi ke Kemendagri. Prinsipnya, Kemendagri menyetujui. Namun, masih ada beberapa hal  yang memang perlu kita lengkapi secara administrasi agar ke-25 nagari itu segera bestatus defenitif," ujar Benny di Lubuksikaping, Kamis. 

Baca Juga : Hasil Dua Operasi Polda Sumbar, Ratusan Tersangka Sudah Ditangkap

Dikatakan, dengan definitifnya ke-25  nagari persiapan ini tentu akan mempercepat pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, akan ada tambahan alokasi Dana Desa kepada nagari yang baru saja dimekarkan. 

"Soal kelengkapan adminstrasi yang harus dipenuhi itu, saya sudah intruksikan Sekda Maraondak  bersama DPM agar segera dilengkapi kekurangan administrasi tersebut," tukasnya.

Baca Juga : Wabup Pasaman Sabar AS Minta PMI Jaga Ketersediaan Stok Darah

Terpisah, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman Alim Bazar menyampaikan, bahwa tim verifikator memberikan waktu tiga bulan untuk melengkapi seluruh kekurangan persyaratan administrasi agar nagari persiapan tersebut diregistrasi menjadi nagari definitif.

"Adapun dokumen dan persyaratan administrasi 25 nagari persiapan itu telah diverifikasi oleh tim Pusat Penataan Desa (PPD), Ditjen Bina Pemdes, Ditjen Dukcapil, Ditjen Atwil, LAPAN, BIG, Bappenas dan Kementerian Keuangan," sebutnya.

Baca Juga : Operasi Antik Singgalang 2021 di Pasaman, 20 Paket Ganja Kering Diamankan

Berikut nama-nama 25 nagari persiapan yang akan segera defenitif, terdiri atas Nagari Ladang Panjang Barat, Malampah Barat, Simpang Utara, Alahan Mati Hilia, Koto Kaciak Barat, Tanjung Beringin Selatan, Tanjung Beringin Utara.

Selanjutnya, Nagari Aia Manggih Selatan, Aia Manggih Utara, Aia Manggih Barat, Sundata Selatan, Sundata Utara, Cubadak Timur, Cubadak Tengah dan Cubadak Barat. 

Kemudian Simpang Tonang Selatan, Simpang Tonang Utara, Panti Utara, Tanjung Betung Utara, Tanjung Betung Timur, Langsek Kodok Barat, Tarung Tarung Selatan, Tarung Tarung Utara, Padang Metinggi Utara dan Muara Tais Koto Gadang. (*)

Reporter : Yudi Lubis | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]