Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Sebanyak 3,8 Juta UMKM Sudah Hijrah ke Digital


Kamis, 08 April 2021 - 15:07:32 WIB
Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Sebanyak 3,8 Juta UMKM Sudah Hijrah ke Digital Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) diperluas jangkauan usahanya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada marketplace atau digital.

Pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, kata Bima, jumlah UMKM yang melakukan ekspansi di marketplace sudah melebihi target awal.

Baca Juga : Pemprov Riau Mulai Sosialisasikan Inpres Nomor 2 Tahun 2021

“Gerakan Bangga Buatan Indonesia itu sendiri awalnya kita mempunyai target sampai di akhir tahun itu 2 juta UMKM untuk on board di marketplace atau digital. Tetapi, pada kenyataannya itu sudah sampai 3,8 juta UMKM yang sudah on board di marketplace,” katanya dalam acara webinar Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Kamis (8/4/2021), dikutip dari Okezone.

Menurutnya, hal ini terjadi tidak terlepas dari bantuan pemerintah. Di mana, pemerintah melakukan berbagai cara untuk membantu para pelaku UMKM. Di antaranya, melalui program pembelajaran yang sudah tersedia di Bank Indonesia.

Baca Juga : Hari Pertama Ramadhan, Harga Sayuran Alami Penurunan

“Di sini adalah bukti bagaimana kita dari private sector, dari teman-teman anggota idEA, bisa berpartner dengan goverment. Di mana goal-nya sendiri sangat bagus. Jadi, banyak UMKM yang tadinya tidak mempunyai akses ke pembelajaran, sekarang untuk pembelajaran mereka bisa melihat modul yang sudah ada di Bank Indonesia,” ujar Bima.

Lanjut dia, ke depan diharapkan program pembelajaran ini akan terus berjalan dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia masih akan berlanjut sampai tahun ini.

Baca Juga : Bank Nagari Salurkan 200 Kg Rendang untuk Korban Bencana NTT

“Ke depannya kita melihat tantangan UMKM itu bukan hanya sekedar on board. Tetapi, tantangan UMKM itu bagaimana setelah on board dia bisa meningkatkan transaksinya, mengembangkan transaksinya, dan sampai goal yang paling final UMKM itu juga bisa ekspor,” ucapnya. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : okezone.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]