Buka Pasar Ekspor Indonesia-Australia, HIPMI Gandeng House of Indonesia


Kamis, 08 April 2021 - 23:10:56 WIB
Buka Pasar Ekspor Indonesia-Australia, HIPMI Gandeng House of Indonesia Pelepasan ekspor produk Indonesia oleh BPP HIPMI.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Usaha dalam meningkatkan ekonomi serta pertambahan pelaku UMKM, HIPMI melakukan MoU dengan House of Indonesia. Kerjasama itu dilakukan untuk dapat membuka pasar ekspor untuk pelaku UMKM antara Indonesia dan Australia.

House of Indonesia adalah entitas bisnis yang dikelola oleh diaspora Indonesia di Sydney Australia yang selama ini sudah aktif melakukan impor produk-produk dari Indonesia dan dipasarkan di negara tersebut.

Baca Juga : Bank Nagari Serahkan Hadiah untuk Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Pada kegiatan pelepasan ekspor produk HIPMI ke pasar global, Ketua Bidang Perdagangan Perindustrian dan SDM BPP HIPMI, Irsyad Iskandar Rama Datau mengatakan kegiatan tersebut sudah melalui tahapan yang panjang. Katanya, untuk dapat mengekspor produk UMKM ke luar negeri memang membutuhkan usaha yang lebih dari biasanya.

"Awalnya HIPMI tahun lalu mengikuti kegiatan expo Indonesia yang diadakan online dan berlanjut. Sehingga terjadi komunikasi dan akhirnya kita melakukan kurasi produk teman-teman HIPMI yang ingin diekspor ke luar negeri. Memang ternyata tidak mudah pelaku usaha yang belum pernah melakukan ekspor agar dapat melakukan ekspor pada produknya," katanya, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga : Lagi, Tiongkok akan Investasi 1,38 Miliar Dolar AS di Indonesia

Katanya, banyak syarat yang harus dipenuhi pelaku usaha agar produk mereka dapat dipasarkan di global. Pada kegiatan itu, Irsyad menerangkan terdapat empat produk UMKM yang akan dilepaskan untuk dipasarkan di global. Ia berharap kedepannya banyak pelaku usaha lainnya yang bisa memasarkan produk mereka ke luar negeri.

Kemudian, Ketua Umum BPP HIPMI, Mardi Haji Maming juga mengungkapkan hal yang sama. Ia juga mengucapkan terima kasih karena kerjasama dengan House of Indonesia Australia. Karena atas dukungannya, produk pelaku UMKM khususnya HIPMI dapat dipasarkan di negeri Kanguru tersebut.

Baca Juga : PDKT jadi Proker UPTD Metrologi Disperindagkop dan UKM Pariaman

"Terima kasih atas kerjasama House of Indonesia yang selalu mendukung kegiatan ini. Ini berkat kerjasama tim karena ini pertama kali pelepasan ekspor ke luar negeri. Mungkin dengan adanya program ini sehingga dapat meningkatkan selera anak muda agar berani berusaha di waktu muda dan angka pengusaha di Indonesia semakin meningkat," ungkapnya.

Ia yakin, jika pelaku usaha, organisasi terkait serta pemerintah melakukan kerjasama yang baik akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk Indonesia di pasar global. "Saya yakin jika saling berkolaborasi kita bisa menghadapi perubahan nantinya. Ini tak hanya jadi pertama tapi akan banyak ke depannya ekspor ke luar negeri," harapnya.

Baca Juga : Keren, Pasar Teluk Uma Nominator Juara Nasional

Dirjen PEN dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi terhadap diadakannya kerja sama ini. Kemudian, juga mengharapkan agar HIPMI dapat berperan lebih luas dalam mendorong anggotanya untuk menjadi eksportir mengingat jumlah UKM Ekspor Indonesia yang masih relatif kecil. (*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]