Lindungi Produk, Diskop UKM Pasaman Dorong Pengusaha Kantongi Sertifikat Merek


Kamis, 08 April 2021 - 23:37:20 WIB
Lindungi Produk, Diskop UKM Pasaman Dorong Pengusaha Kantongi Sertifikat Merek Pelaku UMKM Pasaman, Yetmati Koto dengan produk Sinhok.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Pasaman mendorong pelaku UMKM di daerah tersebut untuk naik kelas. Caranya, lewat sertifikasi merek agar produk terlindungi.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pasaman, Yossi Nasution meminta para pelaku UMKM di daerah itu segera melengkapi berbagai persyaratan guna mendaftarkan produk mendapat sertipikasi merek. 

Baca Juga : Rudi Hariansyah Safari Ramadan Khusus di Tapan Kabupaten Pesisir Selatan

"Mari pelaku UMKM di Pasaman, kita lengkapi sertifikasi-sertifikasi untuk produk UMKM kita, untuk meningkatkan daya saing produk kita," katanya di Lubuksikaping, Kamis (8/4/2021).

Yossi pun menuturkan, bahwa salah satu pelaku UMKM di daerah itu telah mengantongi sertipikat merk dari Kementerian Hukum dan HAM atas produk yang digeluti. Sehingga menjadikan ia sebagai pemilik sah merk dagang dari produknya.

Baca Juga : Pacu Pembangunan Daerah, Pemkab Pesisir Selatan Gaet Dana Pusat

"Bapak, Ibu pelaku UMKM. Bu Yet dari Rao sudah dapat sertifikat merk dari Kemenkumham untuk produknya. Itu artinya, pemilik merk " Sinhok " adalah buk Yetmawati Yet Koto. Tidak boleh orang lain memakai merk Sinhok ini di Indonesia," katanya. 

Menurutnya, pengurusan merek dagang sangat lah penting. Selain untuk melindungi produk yang dijual dalam menunjang keberlangsungan usaha juga bisa mendongkrak omzet UMKM.

Baca Juga : Gandeng Ruangguru, Pemko Padang Panjang Tingkatkan Kompetensi Guru 

"Merek menjadi hal yang penting untuk dilindungi, karena dimaksudkan untuk membedakan suatu produk dengan produk lainnya dan bisa mencegah penyalahgunaan merek oleh pihak lain," katanya. (*)

Reporter : Yudhi Lubis | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]