Menteri PPN: Jangan Sampai Danau Maninjau Tinggal Kenangan!


Jumat, 09 April 2021 - 17:11:13 WIB
Menteri PPN: Jangan Sampai Danau Maninjau Tinggal Kenangan! Menteri PPN, Suharso Monoarfa didampingi Wagub Audy Joinaldy saat mengunjungi Danau Maninjau.

TANJUNG RAYA, HARIANHALUAN.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa mengatakan, Danau Maninjau berdasarkan hasil penelitian LIPI terjadi penurunan status tropik dalam waktu hampir 100 tahun.

“Dari oligotropik tahun 1929, menjadi hipertropik di 2016, maka secara komulatif terjadi perubahan yang luar biasa,” ujarnya saat mengunjungi langsung Danau Maninjau, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga : Begini Cara SEML Merawat Keakraban Jelang Berbuka Puasa

Kondisi ini menjadi dua pilihan yang sangat sulit, satu sisi ingin selamatkan danau dari ketercemaran untuk kepentingan masyarakat, dalam memberikan kehidupan dan kelestarian alam agar keberlanjutan kehadiran danau bisa dinikmati anak cucu. Sedangkan sisi lain di waktu bersamaan, masyarakat bekerja di keramba sehingga ini menjadi tugas yang berat bagi Bupati Agam, Dr. Andri Warman dalam mengatasinya.

Diharapkannya, Pemkab Agam bersama masyarakat terutama sekitar danau, untuk menjaga dan memelihara danau itu, karena ia sangat kagum dengan Agam yang memiliki kekayaan alam seperti memiliki danau, gunung, laut, dan lainnya. “Jangan sampai nanti Danau Maninjau yang jadi kebanggaan masyarakat Agam ini hanya tinggal kenangan,” katanya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]